Erupsi Gunung Raung, Penerbangan Pesawat Lion Air, Wings Air dan Batik Air di Bandara Banyuwangi Dibatalkan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 08/Feb/2021 14:31 WIB
Bandar Udara Banyuwangi. (Istimewa) Bandar Udara Banyuwangi. (Istimewa)

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Lion Air Group menyampaikan, sehubungan dengan adanya penutupan Bandara Internasional Banyuwangi karena dampak dari erupsi dan aktivitas Gunung Raung. Maka, sejumlah jadwal penerbangan kedatangan dan keberangkatan pesawat Lion Air, Batik Air dan Wings Air hari Senin (8/2/2021) dibatalkan. 

Hal ini disampaikan Lion Air Group, berdasarkan pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) No. B0192/21 bahwa operasional Bandara Internasional Banyuwangi di Desa Blimbingsari, Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, ditutup sementara pada Senin, 8 Februari 2021 pukul 08.37, hingga 14.37 WIB. 

Baca Juga:
Berencana Urus Paspor Saat Pandemi, Pahami Dulu 4 Hal Berikut Ini

“Pembatalan penerbangan gampak erupsi Gunung Raung," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keteranganya kepada BeritaTrans.com Senin (8/2/2021). 

Sebagai informasi, material abu vulkanik dapat merusak struktur atau komponen pesawat udara, sehingga membahayakan penerbangan. 

Baca Juga:
Sebentar Lagi Bakal Hadir Jalan Tol dari dan ke Bandara YIA

Danang menjelaskan, adapun pesawat yang mengalami pembatalan ialah, kedatangan di Bandar Udara Internasional Banyuwang, Wings Air pukul 09.00 WIB dari Surabaya, Batik Air pukul 10.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan Lion Air pukul 06.25 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta. 

Untuk keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Banyuwangi ialah pesawat Wings Air dengan jadwal pukul 10.10 WIB tujuan Surabaya, Batik Air pukul 12.20 WIB tujuan Soekarno-Hatta dan Lion Air pukul 09.00 WIB tujuan Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
Manjakan Traveler, Bandara Husein Digitalisasi Validasi Dokumen Kesehatan: Nggak Lagi Kontak Fisik

"Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan," sebut Danang. 

Danang menambahkan, Lion Air Group telah memberikan informasi kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan.  

Terkait pembatalan penerbangan tersebut, Lion Air Group memberikan solusi kepada seluruh penumpang yang terkena dampak, antara lain penjadwalan ulang keberangkatan (reschedule) dan melakukan pengembalian dana atau (refund). 

Operasional penerbangan Lion Air Group akan menyesuaikan (melayani atau terbang kembali) menurut keputusan otoritas bandar udara dan bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat (safe for flight). (fahmi)