Boeing 747 Lufthansa Diterbangkan ke Gurun untuk Pensiun dan Tak Pernah Kembali

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 10/Feb/2021 00:01 WIB
Pesawat tersebut melakukan penerbangan pertamanya dan dikirim pada April 1997. Pesawat tersebut melakukan penerbangan pertamanya dan dikirim pada April 1997.

HAMBURG (BeritaTrans.com) - Satu lagi  pesawat  Boeing 747-400 Lufthansa  sedang melakukan perjalanan satu arah ke Gurun Mojave, California. Pesawat akan pensiun di sana dan tidak akan pernah kembali.

Pesawat tersebut adalah yang terbaru meninggalkan jajaran armada Lufthansa, setelah disimpan di fasilitas di Tarbes, Prancis, karena pandemi.

Baca Juga:
Lufthansa Cargo Gabung Program Digitalisasi Kargo Diinisiasi Pemerintah

Tahun 2020 bukanlah tahun yang luar biasa dari sang ratu langit, dengan banyak maskapai penerbangan dari British Airways hingga Qantas menghentikan pesawat tua beberapa tahun lebih cepat dari jadwal.

Untungnya, dengan armada Boeing 747-8 yang relatif muda, Lufthansa tetap berkomitmen pada pesawat bertingkat. Namun, beberapa dari -400 yang lebih tua sedang dalam proses pensiun, dengan yang lain meninggalkan armada Lufthansa hari ini.

Baca Juga:
Pesawat Boeing 747 ini Dibeli Grup Band Heavy Metal Iron Maiden dari Air France dan Pernah Tabrak Kendaraan Penarik di Bandara

Perpisahan 'Victor Tango'

Hari ini giliran 'Victor Tango' Lufthansa untuk terbang ke gurun Mojave. Pesawat yang akan dipensiunkan adalah D-ABVT.

Baca Juga:
Pesawat Boeing 747 Bekas British Airways ini Jadi Ruang Pertemuan, Bertarif 1.300 Dolar/Jam

Pada usia 23 tahun, pesawat ini bukanlah yang tertua di armada Lufthansa, tetapi ada di atas sana. Menurut Planespotters.net, pesawat tersebut melakukan penerbangan pertamanya dan dikirim pada April 1997.

Pada hari-hari sebelum COVID-19, pesawat melakukan penerbangan reguler untuk maskapai berbendera Jerman, terbang ke seluruh dunia hampir setiap hari.

Namun, pada Maret 2020, semuanya berubah. Boeing 747 yang sudah tua adalah salah satu pesawat pertama yang dilarang terbang ketika Lufthansa tiba-tiba perlu mengurangi kapasitasnya.

Karena itu, D-ABVT melakukan penerbangan penumpang terakhirnya pada 19 Maret menurut RadarBox.com. Ini melihatnya mengoperasikan LH471 dari Toronto (YYZ) ke Frankfurt (FRA). Setelah menghabiskan awal musim panas di Frankfurt, pesawat tersebut diterbangkan ke Tarbes (LDE) di Prancis untuk penyimpanan jangka panjang pada 17 Juni.

Sementara Lufthansa terus menerbangkan pesawat ke Tarbes, tampaknya mereka sekarang juga memindahkan pesawat. Kemarin, VT meninggalkan Tarbes terbang kembali ke Frankfurt sebagai LH9923. Menurut maskapai tersebut, pesawat akan berangkat dari Frankfurt menuju Los Angeles International (LAX) sebagai LH9922 hari ini. Setelah terbang ke Los Angeles, pesawat besok akan melakukan satu penerbangan terakhir singkat ke Gurun Mojave (MHV).