Baru Tiba di Bandara, Pesawat Airbus A319 Disita, Kru Kebingungan dan Terlantar pula

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 12/Feb/2021 08:02 WIB
Pesawat terbang dari Chisinau (KIV) ke Dublin (DUB) pada hari Selasa, 9 Februari, pukul 9U831. Setelah berbalik arah di Ibukota Irlandia, itu akan kembali ke Chisinau pada pukul 00:05. Foto: Air Moldova Pesawat terbang dari Chisinau (KIV) ke Dublin (DUB) pada hari Selasa, 9 Februari, pukul 9U831. Setelah berbalik arah di Ibukota Irlandia, itu akan kembali ke Chisinau pada pukul 00:05. Foto: Air Moldova

DUBLIN (BeritaTrans.com) - Baru tiba di Bandara Dublin, Inggris, pesawat Airbus A319 Air Moldova disita petugas pengadilan. Kru di pesawat san penumpang, yang hendak baik, jadilah kebingungan.

Untuk kru, bukan hanya kebingungan, tetapi juga harus menghadapi kenyataan terlantar di bandara. Mereka bisa saja diinapkan di hotel, tetapi urusan dokumen dan pakaian dapat menjadi persoalan tersendiri.

Baca Juga:
Ban Meleduk Saat Lepas Landas, Pesawat Airbus A319 Delta Air tergelincir

Situs simpleflying.com memberitakan pesawat, yang terdaftar sebagai ER-AXL telah disita di Dublin. Pesawat terbang dari Chisinau (KIV) ke Dublin (DUB) pada hari Selasa, 9 Februari, pukul 9U831. Setelah berbalik arah di Ibukota Irlandia, itu akan kembali ke Chisinau pada pukul 00:05.

Namun petugas melarang pesawat untuk kembali terbang. Pelarangan dan penyitaan itu berdasarkan perintah dari pengadilan tinggi. Pesawat tidak dapat meninggalkan Bandara Dublin setelah pengadilan memenangkan Just Us Air SRL, yang diwakili oleh firma hukum Crowley Millar.

Baca Juga:
Roda Belakang Bermasalah, Airbus A319 Air India Mendarat Darurat

Tampaknya pengadilan khawatir Air Moldova akan membatalkan penerbangan mereka ke Dublin jika mereka tahu pesawat mereka akan disita.

Catatan pengadilan yang tersedia untuk umum menunjukkan bahwa firma hukum Crowley Millar mewakili Just Us Air melawan Air Moldova. Menurut breakingnews.ie, pesawat itu disita lebih dari € 4,2 juta diberikan kepada penggugat oleh Arbiter Rumania. Publikasi melaporkan bahwa kasus tersebut akan kembali ke pengadilan sebelum akhir bulan.

Baca Juga:
Penumpang Dievakuasi dari Pesawat Airbus A319 Turkish Airlines Gegara Ada Ancaman Bom

Menurut Kantor Pers IPN, juru bicara maskapai penerbangan mengatakan,

“Mengingat langkah-langkah pembatasan terkait penerbangan yang diberlakukan karena pandemi COVID-19, kurangnya sumber daya keuangan menyebabkan penangguhan pembayaran atas akumulasi utang. Akibatnya, pada 9 Februari, setelah penerbangan 9U 831 Chisinau-Dublin, pesawat Airbus 319 ER-AXL, setelah mendarat di Dublin, tidak diizinkan untuk terbang kembali ke Chisinau."

Dari waktu ke waktu, pesawat disita. Biasanya tindakan tersebut dapat diambil jika maskapai penerbangan menghentikan operasinya untuk melindungi kreditor..

Sebulan lalu, sebuah Boeing 777 Pakistan International Airlines disita di Malaysia atas kasus pengadilan Inggris.