Ini Sederet Program Mentereng Angkasa Pura Aviasi Kembangkan Bisnis Bandara Kualanamu, Hayu jadi Mitra Strategis!

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 26/Feb/2021 05:31 WIB


DELI SERDANG (BeritaTrans.com) - Kembangkan bisnis di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, menjadi salah satu target emas PT Angkasa Pura Aviasi.

Direktur PT Angkasa Pura Aviasi Haris mengungkapkan saat ini sedang dicari calon mitra strategis dalam pengembangan dan pengoperasiaan bandara tersebut.. 

Baca Juga:
Tiba di Bandara Kualanamu, Penerbangan Perdana Qatar Airways Disambut Water Salute

Nantinya, PT Angkasa Pura II dan mitra strategis akan menjadi pemegang saham di PT Angkasa Pura Aviasi, yang menjadi pengelola Bandara Kualanamu. 

Haris mengatakan perseroan bersama mitra strategis akan berperan dalam melakukan investasi, mengembangkan, meningkatkan fasilitas, hingga mengoperasikan serta melakukan pemeliharaan bandara selama  25 tahun. 

Baca Juga:
Pekan Pertama Libur Nataru, Bandara Kualanamu Layani 22.410 Penumpang

“Kami mencari mitra strategis berkelas global untuk mencapai 3E yaitu Expansion the traffic : Meningkatkan trafik penerbangan internasional, Expertise sharing : Berbagi keahlian dalam pengelolaan bandara yang berkelas dunia, dan equity partnership : Pemenuhan kebutuhan pendanaan secara cepat melalui kemitraan strategis,” ujar Haris. 

Dia mengemukakan PT Angkasa Pura Aviasi bersama mitra strategis dapat membangun jaringan penerbangan yang kuat untuk memposisikan sebagai international hub di bagian barat Indonesia dengan berbagai infrastruktur pendukung.

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Jalankan Arahan Regulator, Penuhi Aspek Keselamatan, Keamanan, dan Pelayanan

Harapanya dengan adanya kegiatan ini dapat berkontribusi dalam percepatan mendukung Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sebagai upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi COVID 19. 

Dia mengutarakan PT Angkasa Pura II bersama anak usaha yaitu PT Angkasa Pura Aviasi dan pemerintah kami akan terus berkolaborasi dengan stakeholder dalam percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah pandemi melalui Kebandarudaraan Kualanamu wilayah barat. 

Selain itu, pengembangan Kualanamu juga mengarah ke konsep Aerocity dengan berbagai gedung komersial di atas lahan 200 hektare antara lain theme park, logistic park, factory outlet, maintenance repair & overhaul (MRO) facility serta komplek perdagangan, kata Haris. 

Berbagai infrastruktur telah dioperasikan untuk mendukung Kualanamu seperti kereta bandara dan jalan tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi. Melalui pengembangan yang masif, Bandara Kualanamu saat ini status Bintang 4 dari Skytrax, diposisikan sebagai hub penerbangan internasional di masa mendatang dengan target mendekati bintang 5. (awe).