Pembebasan Kapal Ever Given di Terusan Suez Habiskan Rp 14,5 Triliun, Pemerintah Mesir Rugi Rp 203 Miliar/ Hari

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 02/Apr/2021 10:04 WIB
Ever Given, kapal kargo berbendera Panama, ditemani kapal tunda saat melaju di Terusan Suez, Mesir, Senin 29 Maret 2021. (Sumber: Suez Canal Authority via AP) Ever Given, kapal kargo berbendera Panama, ditemani kapal tunda saat melaju di Terusan Suez, Mesir, Senin 29 Maret 2021. (Sumber: Suez Canal Authority via AP)

KAIRO (BeritaTrans.com)  – Otoritas Terusan Suez, Mesir memperkirakan biaya yang dihabiskan untuk membebaskan kapal kargo Ever Given yang tersangkut mencapai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,5 triliun dan bisa bertambah.

Kapal Ever Given yang tersangkut pada 23 Maret lalu, berhasil dibebaskan pada 30 Maret lalu berkat upaya pembebasan yang dilakukan selama 6 hari.

Baca Juga:
Kapal Kontainer Mumbai Maersk Dibebaskan dari Kandas

"Kami akan melanjutkan penghitungan, menghitung semua dana yang telah kami gunakan sejak hari pertama insiden, biaya penggunaan kapal tunda dan kapal keruk, yang bekerja sepanjang waktu," kata kepala Administrasi Terusan Suez Osama Rabia kepada media Mesir, Sada el-Balad TV, Rabu (31/3/2021).

"Ini adalah jumlah yang signifikan, USD1 miliar atau sesuatu seperti itu," tuturnya.

Baca Juga:
Kapal Sering Tersangkut di Terusan Suez, ini Penyebab Utamanya

 

Tak hanya biaya pembebasannya yang fantastis, tersangkutnya kapal kargo Ever Given di Terusan Suez juga membuat pemerintah Mesir rugi sebesar 14 juta dollar AS atau sekitar Rp 203 miliar per harinya.

Baca Juga:
Kapal Coral Crystal Bermuatan 43.000 Ton Sempat Blokir Terusan Suez

Untuk sekarang, kapar milik Jepang yang dioperasikan oleh Taiwan dengan bendera Panama ini telah ditarik ke Great Bitter Lake yang berada di sekitar setengah jalan Terusan Suez.

(lia/sumber:kompas.com)