Kapal Sering Tersangkut di Terusan Suez, ini Penyebab Utamanya

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 11/Sep/2021 14:01 WIB


 KAIRO (BeritaTrans.com) - Kapal kembali memblokade Terusan Suez, Jumat (9/9/2021). Mari simak penyebab utama kapal memblokir jalur pintas pelayaran tersebut.

Satu kapal kargo besar Coral Crystal kembali tersangkut diTerusan Suez pada dan sempat memicu kemacetan di salah satu jalur perdagangan global tersebut.

Baca Juga:
Kapal Kontainer Mumbai Maersk Dibebaskan dari Kandas

Namun, kapal kargo ini hanya tersangkut selama 15 menit saja, tidak seperti kejadian kapal kargo yang Maret lalu tersangkut hingga enam hari.

Sebelumnya pada 2017, sebuah kapal kargo asal Jepang juga sempat tersangkut di kanal ini pada 2017. Kapal ini tersangkut selama satu jam.

Baca Juga:
Mengenal Ever Ace Kapal Kontainer Terbesar di Dunia, Bandingkan dengan Ever Given!

Pada 2018 kapal lain, CSCL Samudera Hindia, juga tersangkut selama lima hari kandas sebelum akhirnya ditarik keluar oleh kapal tunda.

Lantas apa penyebab kapal-kapal kargo ini tersangkut di Terusan Suez yang menjadi urat nadi penting perdagangan dunia itu?

Baca Juga:
Kapal Coral Crystal Bermuatan 43.000 Ton Sempat Blokir Terusan Suez

1. Akibat badai pasir

Ever Given menyatakan kapal Kargo itu masuk ke Terusan Suez pada pagi 23 Maret 2021, dan mengalami masalah ketika berada di sekitar 6 mil laut dari ujung selatan Terusan Suez.

Kapal sepanjang 400 meter dengan berat 224 ribu ton itu akhirnya tersangkut dengan posisi melintang, menutup jalur perdagangan sepanjang 151 kilometer tersebut.

Kapal ini tersangkut di terusan itu saat terjadi badai pasir. Badai ini disebut menghalangi pandangan nahkoda, , seperti dilansir CNet. 

2. Masalah kerusakan mesin

Menurut otoritas setempat, kapal lain sempat tersangkut di Terusan Suez Mei lalu, Maersk Emerald. Kapal ini tersangkut akibat masalah mesin.

Untungnya kapal ini tersangkut di jalur dimana kapal lain bisa lewat di jalur berbeda, sehingga tidak menghambat lalu lintas

3. Kesulitan bergerak

Otoritas Terusan Suez (SCA) menyatakan bahwa kapal Coral Crystal berbendera Panama itu sempat mengalami masalah saat bergerak ke arah selatan terusan tersebut.

Menurut SCA, kapal seberat 43 ribu ton itu sempat tersangkut di bagian utara Terusan Suez. Namun, kru kapal dapat mengupayakan solusi pergerakan sendiri dan berhasil mengatasi masalah sekitar 15 menit setelahnya.