Kapal Kargo MV Glory Kandas di Terusan Suez, Bawa Jagung dari Ukraina ke China

  • Oleh : Redaksi

Senin, 09/Janu/2023 22:05 WIB
Kapal kontainer besar Ever Given yang diketahui memblokir Terusan Suez pada Maret 2021 terlihat di Qingdao, China, saat sedang menjalani perbaikan. Pada 9 Januari 2023 ini, Kapal Kargo MV Glory di laporkan kandas di Terusan Suez. (LI ZIHENG/XINHUA via TWITTER) Kapal kontainer besar Ever Given yang diketahui memblokir Terusan Suez pada Maret 2021 terlihat di Qingdao, China, saat sedang menjalani perbaikan. Pada 9 Januari 2023 ini, Kapal Kargo MV Glory di laporkan kandas di Terusan Suez. (LI ZIHENG/XINHUA via TWITTER)

 KAIRO (Beritatrans.com) - Sebuah kapal kargo kandas di Terusan Suez, Mesir pada Senin (9/1/2023). Hal itu diungkap oleh Leth Agencies, perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman melewati Terusan Suez.

Hingga berita ini diterbitkan, belum jelas apakah lalu lintas kanal terpengaruh setelah kapal kargo kandas.

Baca Juga:
Kapal Kargo Mogok di Laut Aru, Kapal Pengawas KKP Lakukan Evakuasi

Sebagaimana dikutip dari Associated Press (AP), Leth Agencies mengatakan, kapal MV Glory itu kandas di Kota El Qantara, provinsi Ismailia, Mesir.

Perusahaan itu memastikan, kapal tunda atau tugboat di Terusan Suez sedang mencoba untuk mengapungkan kembali kapal MV Glory yang kandas tersebut.

Baca Juga:
Kapal Kargo di Laut Merah Pakai Kru dari Cina untuk Hindari Serangan Houthi

Leth Agencies disebut belum memiliki rincian tentang penyebab kapal kargo kandas di Terusan Suez kali ini.

Hanya saja, sebagian wilayah Mesir, termasuk provinsi di utara telah mengalami gelombang cuaca buruk pada Minggu (8/1/2023).

Baca Juga:
Kapal Kargo Samudera Sakti 3 Terbakar di Lampung, 26 Awak Dievakuasi

Data pelacakan satelit yang dianalisis oleh The Associated Press menunjukkan MV Glory berada di jalur tunggal Terusan Suez tepat di sebelah selatan Port Said di Laut Mediterania.

Seorang juru bicara Otoritas Kanal menolak berkomentar, mengatakan sebuah pernyataan akan dirilis.

Kejadian Ever Given pada 2021

Sebagai catatan, MV Glory bukan kapal pertama yang pernah kandas di Terusan Suez sebagai jalur perairan penting untuk pengiriman barang.

Sebuah kapal kontainer raksasa Ever Given berbendera Panama pernah menabrak tepian di bentangan kanal satu jalur pada Maret 2021.

Kapal tersebut bahkan sampai memblokir jalur air selama enam hari. Ever Gven dibebaskan dalam operasi penyelamatan besar-besaran oleh armada kapal tunda.

Pemblokiran tersebut menciptakan kemacetan lalu lintas besar-besaran yang menahan 9 miliar dollar AS per hari dalam perdagangan global dan rantai pasokan yang tegang yang sudah terbebani oleh pandemi virus corona.

MV Glory bawa jagung dari Ukraina ke China

Pusat Koordinasi Bersama mendaftarkan MV Glory membawa lebih dari 65.000 ton jagung dari Ukraina menuju China.

The Glory diperiksa oleh Pusat Koordinasi Bersama di Istanbul pada 3 Januari. Pusat tersebut termasuk staf Rusia, Turkiye, Ukraina, dan PBB.

Dibuka pada 1869, Terusan Suez menyediakan jalur penting untuk minyak, gas alam, dan kargo.

Itu juga tetap menjadi salah satu penghasil mata uang asing teratas Mesir.

Pada 2015, pemerintahan Presiden Abdel-Fattah el-Sissi menyelesaikan perluasan kanal secara besar-besaran, yang memungkinkannya menampung kapal-kapal terbesar di dunia.

MV Glory sendiri memiliki panjang 225 meter (738 kaki).

Belum jelas apakah kapal itu terjepit di kanal seperti Ever Given, yang mempersulit pembebasan kapal itu.
(ny)Sumber:Kompas.com)