Terusan Suez Sempat Ditutup Lagi Gegara Kapal Tanker Raksasa Mati Mesin

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 06/Apr/2021 22:39 WIB
Kapal M/T Rumford terdampar di bagian sempit Terusan Suez pada hari Selasa (6/4/2021), di sebuah jalur sempit sebelah utara dari tempat kapal Ever Given memblokir jalur air itu pada minggu-minggu sebelumnya. Kapal M/T Rumford terdampar di bagian sempit Terusan Suez pada hari Selasa (6/4/2021), di sebuah jalur sempit sebelah utara dari tempat kapal Ever Given memblokir jalur air itu pada minggu-minggu sebelumnya.

KAIRO - Sebuah kapal raksasa kembali kandas di Terusan Suez , Mesir , satu minggu setelah kapal Ever Given terbebas dari jalur air internasional itu.

Lalu lintas melalui Terusan Suez Mesir sempat dihentikan pada hari Selasa, hanya dua minggu setelah kapal kontainer raksasa kandas dan memblokir jalur air yang penting untuk perdagangan global.

Baca Juga:
Pelaut Ini Terpaksa Tinggal di Kapal Kargo Sendirian selama 4 Tahun, Harus Berenang untuk Cari Makan

Kapal tanker minyak Rumford perlu ditarik oleh kapal tunda setelah mengalami masalah mesin, tetapi segera beroperasi dan konvoi yang menuju ke utara bergerak normal lagi, menurut Otoritas Terusan Suez dan maskapai pelayaran Inchcape.

Kapal M/T Rumford terdampar di bagian sempit Terusan Suez pada hari Selasa (6/4/2021), di sebuah jalur sempit sebelah utara dari tempat kapal Ever Given memblokir jalur air itu pada minggu-minggu sebelumnya. Pelacak kapal online menginformasikan kapal itu sekarang telah bergerak lagi.

Baca Juga:
Harus Bayar Denda $900 Juta, Kapal Kargo MV Ever Given Disita Mesir

Rute perdagangan maritim yang sangat penting itu sempat terblokir selama sekitar dua jam pada hari Selasa, karena kapal M/T Rumford dilaporkan mengalami masalah mesin saat melintasi hamparan sempit perairan di Terusan Suez.

Sebuah sumber perdagangan memberi tahu Reuters bahwa otoritas kanal telah mengirim tugboats Tim Hope dan Mosaed 3 untuk membantu kapal tanker tersebut. Otoritas Terusan Suez (SCA) memberi tahu Reuters bahwa masalah tersebut hanya berlangsung sekitar 10 menit dan telah diperbaiki seperti dikutip dari Russia Today.

Baca Juga:
61 Kapal Terakhir Melintas di Terusan Suez pada Sabtu setelah Antre Berhari-hari Akibat MV Ever Given Kandas

Platform online Vessel Finder menunjukkan M/T Rumford berjalan ke utara melalui kanal dan mendekati ujung lorong sempit tempat Ever Given terjebak sebelum berhenti.

Data yang disediakan secara online menunjukkan kapal tanker minyak itu terhenti selama hampir dua jam, antara 08:14 GMT dan 09:59 GMT. Aliran kapal melalui selat itu terhenti dalam animasi yang diterbitkan oleh Tanker Trackers di Twitter.

Otoritas Teerusan Suez  mengatakan navigasi di jalur air "tidak terpengaruh" dan 84 kapal telah menyeberang pada hari Selasa sekitar pukul 2 siang. waktu lokal.

Enam kapal yang ditahan di belakang tanker yang tertimpa semuanya bergerak lagi pada saat yang sama, menurut data pelacakan kapal yang dipantau oleh Bloomberg.

Pada Senin pekan lalu, Ever Given, salah satu kapal kargo terbesar di dunia, berhasil dibebaskan dari tepi kanal setelah memblokir jalur air internasional itu selama hampir seminggu. Perusahaan pelayaran terintegrasi terbesar di dunia, Maersk, telah memperingatkan bahwa konsekuensi pada pengiriman dan rantai pasokan global mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk terurai.