Mengapa Kapal Selam Berwarna Hitam?, Ini Jawabannya

  • Oleh : Redaksi

Senin, 03/Mei/2021 17:29 WIB
foto:istimewa/Wikipedia/detik.com foto:istimewa/Wikipedia/detik.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Apakah Anda menyadari bahwa hampir semua kapal selam yang ada itu berwarna hitam, seperti kapal selam KRI Nanggala-402 juga tampil dengan warna hitam di bagian badannya.

Pemilihan cat warna hitam di permukaan bodi kapal selam ini bukan asal pilih. Rupanya hal tersebut bagian dari strategi.

Baca Juga:
Kisah Orang-Orang Indonesia yang Gugur di Kapal Selam Belanda

Sebagai salah satu armada perang, kapal selam dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah terdeteksi oleh musuh, meskipun berada di bawah laut. Penggunaan warna hitam diyakini dapat berbaur dengan lautan yang diselaminya.

Sebab, kapal selam dibuat untuk beroperasi di bawah laut dengan waktu yang lama. Itulah mengapa sangat penting agar kapal selam tidak terlihat saat menyelami luasnya lautan dan pergerakannya tidak diketahui musuh.

Baca Juga:
Kerabat Awak KRI Nanggala 402 Beri Penghormatan Terakhir

"Kapal selam dicat hitam terutama karena warnanya menciptakan kamuflase yang efektif terhadap kapal selam, kapal (yang ada di permukaan-red), dan pesawat musuh. Kapal selam hitam sangat sulit ditemukan di lautan luas, terutama pada malam hari," ujar Science ABC, Rabu (28/4/2021).

Namun tidak semua kapal selam selalu bercorak hitam. Misalnya, kapal selam dari negara Korea Utara, Iran, maupun Israel ada yang berwarna hijau.

Baca Juga:
Kapal Selam KRI Nanggala Ditemukan di Kedalaman 838 Meter

Alasannya, karena sebagian besar kapal tersebut bergerak di perairan yang jernih, dangkal, dan pesisir. Maka dari itu, dicat warna hijau agar kamuflase kapal selam tersebut dapat berpadu dengan lingkungan sekitar.

Science ABC mengungkapkan tidak semua kapal selam digunakan untuk kepentingan operasi militer, tapi ada juga yang memanfaatkan kapal itu guna menjalankan misi eksplorasi bawah laut, penelitian, serta misi pencarian dan penyelamatan. Jadi, jangan heran kalau kapal selam non militer warnanya tidak akan hitam.(amt/sumber;detik.com)

Tags :