BNI Tutup 96 Kantor Cabang karena Orang Makin Jarang ke Bank

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 08/Mei/2021 20:16 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk alias BNI berencana merelokasi dan menutup 96 outlet atau kantor cabang tahun ini.

Kebijakan tersebut diambil bukan tanpa alasan. Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir menjelaskan mengenai alasan di balik recana BNI tutup 86 kantor cabang ini.

Baca Juga:
Mudik Lebaran Tanpa Khawatir dengan Layanan Tarik Tunai BNI

Ia mengatakan bahwa penutupan outlet BNI dilakukan karena transaksi perbankan sudah berubah ke layanan digital. Artinya, orang tidak lagi harus datang ke kantor bank secara fisik untuk mendapatkan layanan.

"(Transaksi perbankan) sudah bisa dilakukan/di-serve (dilayani) dengan jaringan digital, kita tahun ini akan menutup sekitar 96 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Ronny dalam konferensi pers, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga:
BNI Catatkan Peningkatan Pengguna Mobile Banking Sampai Dengan 20,9%

Ronny menuturkan, perubahan pola transaksi masyarakat terlihat dari makin sedikitnya nasabah yang mengunjungi kantor cabang.

Dia mengeklaim, hampir 80 persen dari volume transaksi nasabah BNI dilakukan secara digital melalui infrastruktur yang disiapkan perseroan.

"Tinggal sedikit orang yang bertransaksi ke teller, tapi masih ada. Ini kenapa? Mungkin masih gagap teknologi, jadi mungkin masih ke cabang," ucap Ronny.

Ronny bahkan menyebutkan, penurunan transaksi di teller outlet semakin menurun. Jika dahulu teller biasa melayani 150-200 transaksi, kini hanya tersisa 40 persen dari jumlah transaksi tersebut.

Begitu pula pelayanan nasabah melalui customer service. Saat ini, nasabah lebih suka menggunakan BNI SONIC (Self Service Opening Account) untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk pembukaan rekening.

"Dengan berkurangnya transaksi ini, kita mengurangi jumlah teller yang sudah dialihkan ke mesin. Ini kita terus lakukan, shifting ke layanan digital ini pikir dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan," pungkas Ronny.

Bukti orang makin jarang datang ke bank

Penutupan 96 outlet atau kantor cabang BNI tak lepas dari semakin jarangnya orang yang datang ke kentor bank maupun channel konvensional.

Sebelumnya, Direktur IT dan Operasi BNI Bapak YB Hariantono mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengakselerasi perubahan perilaku masyarakat untuk mengalihkan transaksinya dari cabang dan channel konvensional seperti ATM kepada layanan digital.

Pihaknya juga sudah memiliki BNI Mobile Banking, yang disiapkan sebagai fasilitas layanan perbankan yang dominan untuk digunakan para nasabah ritel.

Hingga kuartal I tahun 2021, jumlah pengguna BNI Mobile Banking mencapai 8,56 juta atau tumbuh 58,4 persen dibandingkan kuartal I tahun 2020 yang sebesar 5,41 juta nasabah.

Dari sisi nilai transaksi pun tercatat Rp 138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2 persen dibandingkan Maret 2020 sebesar Rp 103 triliun.

Adapun jumlah transaksi yang dilakukan melalui BNI Mobile Banking adalah sebanyak 95 juta pada kuartal I tahun 2021 atau meningkat 50,4 persen dibandingkan kuartal I tahun 2020 yang mencapai 63 juta transaksi.

Selain itu, BNI juga menyediakan platform digital transactional banking atau BNI Direct, yang menawarkan solusi terintegrasi untuk layanan Payment Management, Collection Management, Liquidity Management, Value Chain Management, hingga Open Banking Solution.

Hingga Maret 2021, jumlah nasabah cash management BNI mencapai lebih dari 72.000, meningkat 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Addapun volume transaksi di 3 bulan pertama tahun 2021 mencapai Rp 968 triliun yang meningkat 22,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

(lia/sumber:kompas.com)

Tags :