Jet Tempur Rusia kawal Pesawat Militer AS di Atas Laut Barents

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 05/Jun/2021 19:55 WIB


MOSKOW (BeritaTrans.com) - Sebuah jet tempur Rusia dikerahkan untuk menemani sebuah pesawat militer AS di atas Laut Barents pada hari Jumat (4/6/2021). 

 

Baca Juga:
Jet Tempur Rusia Usir Pesawat Pengebom AS di Laut Baltik

Komando Eropa Amerika Serikat (EUCOM) mengkonfirmasi kepada Fox News bahwa kedua pesawat itu bertemu dan dilepaskan dengan aman.

 

Baca Juga:
Cegat Masuk Bomber Rusia, Nato Kirim 10 Kali Jet Tempur

"Pesawat kami secara rutin berinteraksi dengan unit Rusia di wilayah udara internasional dan sebagian besar interaksi aman dan profesional," kata juru bicara EUCOM kepada Fox News.

 

Baca Juga:
Jet Tempur Rusia Cegat 3 Pesawat Prancis di Atas Laut Hitam

Sebuah pesawat tempur MiG-31 bergegas menemui P-8A Poseidon AS di dekat perbatasan Rusia. Sepasang pesawat tetap berada dalam jarak dekat sampai pesawat AS berbalik.

Pesawat tempur Rusia kembali ke pangkalannya setelah kepergian Poseidon.

 

Belum ada alasan yang diberikan untuk kehadiran pesawat militer AS di sepanjang perbatasan Rusia, karena EUCOM tidak memberikan perincian tentang "interaksi yang aman dan profesional."

Namun, pesawat-pesawat Amerika secara rutin terbang di sepanjang perbatasan, kata para pejabat.

 

Kepala Pasukan AS di Amerika Utara baru-baru ini mengatakan bahwa penerbangan pembom Rusia telah meningkat di dekat Alaska. Seorang menteri pertahanan Rusia juga mengklaim bahwa penerbangan pembom AS telah meningkat di dekat Rusia.

Pesawat Rusia dan Amerika telah mengalami beberapa kecelakaan tahun ini.

Seorang pejuang Rusia bergegas untuk mengawal sebuah pesawat mata-mata AS yang terlihat di atas Samudra Pasifik. Tidak ada tanggal spesifik untuk insiden yang diberikan; itu dilaporkan sekitar pertengahan April.

 

Hanya empat hari yang lalu, Rusia juga mengerahkan jet tempur untuk mengawal pembom B-52H AS di atas Laut Baltik, lapor Reuters.

(lia/sumber:kontan.co.id)