Cara Bos Twitter Jack Dorsey Bikin Bitcoin Mata Uang Internet

  • Oleh : Redaksi

Senin, 07/Jun/2021 20:04 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) - Jack Dorsey, pendiri dan CEO Twitter dan Square Inc, merupakan salah satu miliuner yang percaya Bitcoin akan menjadi mata uang internet di masa depan. Ia pun sudah siap menjalankan misi tersebut.

Cara terbaru yang ditempuhnya adalah menjalin kerja sama kemitraan perusahaan jasa keuangannya Square Inc dengan penyedia teknologi blockchain, Blockstream Mining untuk membangun fasilitas penambangan Bitcoin open-source bertenaga surya (matahari).

Baca Juga:
Bitcoin: `Harap-harap cemas` saat El Salvador resmi mulai gunakan mata uang kripto

 

Ini merupakan salah satu cara untuk menjadikan Bitcoin ramah lingkungan dengan menggunakan energi terbarukan. Mengurangi ketergantungan pada energi fosil untuk menambang (mining) Bitcoin.

Baca Juga:
Ini Bukti Kripto Sedang On Fire! Ada yang Melesat 60% Lebih

Square akan menginvestasikan dana US$5 juta untuk fasilitas itu. Fasilitas ini akan jadi bukti konsep untuk tambang Bitcoin energi terbarukan 100% dalam skala besar.

"Kami berharap bisa menunjukkan fasilitas penambangan terbarukan di dunia nyata tidak hanya mungkin tetapi juga membuktikan secara empiris bahwa Bitcoin mempercepat dunia menuju masa depan berkelanjutan," ujar kedua perusahaan dalam keterangan resmi bersama, Senin (7/6/2021).

Baca Juga:
Setelah JP Morgan, Kini Giliran Bank of America Sediakan Produk Bitcoin

Menambang Bitcoin dengan energi tenaga surya ini seperti memberikan jawaban atas kritikan Tesla. Sebelum Elon Musk mengumumkan produsen mobil listrik ini menganulir pembelian Tesla dengan menggunakan Bitcoin.

Twitter CEO Jack Dorsey arrives at the Elysee Palace to meet French President Emmanuel Macron Friday, June 7, 2019 in Paris. (AP Photo/Francois Mori)Foto: Square & Twitter CEO Jack Dorsey (AP Photo/Francois Mori)

Alasannya, terjadi peningkatan penambangan Bitcoin menggunakan energi fosil yang berdampak buruk pada lingkungan tak sesuai dengan kepentingan perusahaan mendorong energi terbaru.

Setelah itu itu pada bulan Mei lalu Elon Musk bertemu dengan penambang Bitcoin dan setuju untuk membentuk Dewan Penambangan Bitcoin "untuk mempromosikan transparansi penggunaan energi dan mempercepat inisiatif keberlanjutan di seluruh dunia."

Pada 2018, Jack Dorsey mengatakan dalam 10 tahun mendatang Bitcoin akan menjadi mata uang tunggal dunia. Setelah itu Square berinvestasi US$50 juta dalam Bitcoin pada Oktober dan menambahkan US$170 juta lagi pada Februari lalu.

Pengguna aplikasi Square juga diperkenankan untuk membeli Bitcoin melalui platform dan pada akhir pekan lalu Jack Dorsey mengatakan Square sedang mempertimbangkan untuk membuat hardware dompet digital untuk Bitcoin agar bisa dikembangkan bersama dengan komunitas.

(lia/sumber:cnbcindonesia.com)