Harga Bus Double Decker Rp 3 Miliaran, Bodinya Saja Tembus Rp 800 Juta

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 18/Jun/2021 20:14 WIB
Ilustrasi bus double decker Gunung Harta. Foto: BeritaTrans.com. Ilustrasi bus double decker Gunung Harta. Foto: BeritaTrans.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Harga bus double deckertidaklah murah. Untuk beli satu unit utuh bus double decker perlu merogoh kocek hingga Rp 3 miliar. Sementara untuk harga bodi saja tembus Rp 800 juta.

Bus tingkat tengah menjadi tren di Indonesia. Banyak Perusahaan Otobus (PO) yang memakai bodi dengan kabin ganda tersebut. Tercatat ada karoseri Laksana, Adiputro, Tentrem, New Armada, Nusantara Gemilang, Rahayu Santosa, hingga Morodadi Prima.

Baca Juga:
Joss! PO Sembodo Luncurkan Bus Suite Combi Plus Rute Jakarta-Padang

Dikatakan Brand & Marketing Communication Manager Laksana, Candra Dewi, untuk bus tingkat buatan karoseri Laksana dengan tipe SR2 Double Decker, harganya bisa mencapai Rp 3 miliar. Itu sudah termasuk bodi dan sasis.

Ditambahkan Bus and Coach Consultant Laksana, Lang Widya Praba Wasista, untuk pembuatan bus Legacy SR2 Double Decker, harga body dengan interior standar start dari Rp 800-an juta.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

"Tapi harga tersebut belum termasuk chassis, jok, AC, dan penambahan toilet, smoking area, ataupun sleeper cabin, dan penambahan opsional lain," kata Lang Widya, kepada detikOto, Rabu (16/6/2021).

Ilustrasi kabin penumpang bus double decker Gunung Harta. Foto: BeritaTrans.com.

Baca Juga:
PO Gunung Harta Rilis Bus Double Decker Baru, Buat Rute Mana Sih?

Menurut Lang Widya, bus double decker buatan Laksana sudah bisa mengadopsi berbagai merek sasis triple axle atau tronton, mulai merek Mercedes-Benz, Scania, hingga Volvo.

"Chassis yang dapat digunakan tentunya semua chassis yang support untuk dibuat jadi double decker. Selama ini umumnya menggunakan Scania K410 iB, Mercedes-Benz OC 2542 DD, Volvo B11R, dan untuk yang diekspor ke Bangladesh menggunakan sasis Scania K410 eB," ujar Lang Widya.

Dengan harga yang lebih mahal, bus double decker sendiri memiliki banyak keunggulan dibanding bus single deck. Keunggulan bus double decker adalah bisa digunakan untuk banyak kelas, mulai sleeper, super eksekutif, hingga eksekutif. Selain itu, bus double decker umumnya dibekali sistem keamanan yang lebih canggih. (dn/sumber: Detik.com)