Terbang Sendirian di Bandara Halim, Citilink 18 Kali Sehari saat yang Lain Setop Sementara

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 09/Jul/2021 14:41 WIB
Calon penumpang pesawat Citilink saat hendak cek in di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (9/7/2021). Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id, Calon penumpang pesawat Citilink saat hendak cek in di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (9/7/2021). Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id,

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Maskapai Citilink terbang sendirian melayani traveler dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (9/7/2021). 

Baca Juga:
Sah! Citilink jadi Maskapai Pertama Ramaikan Penerbangan Komersial Reguler di Bandara Dhoho Kediri

Anak perusahaan Garuda Indonesia itu tetap bertahan terbang di bandara kelolaan PT Angkasa Pura II tersebut di tengah merosotnya jumlah penumpang seiringan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Maskapai Batik Air dan Wings Air, yang melayani penerbangan reguler di sana setop sementara operasi justru di akhir pekan, yang secara tradisional market biasanya melonjak.

Baca Juga:
Lombok - Bima Terkoneksi dengan Penerbangan Citilink, Diharap Dorong Ekonomi NTB

Kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Halim Perdanakusuma Marsma TNI Nandang Sukarna, ST, M.Si, mengemukakan hanya Citilink beroperasi hari ini dengan 18 penerbangan. 

"Ada sembilan jadwal berangkat dan sembilan tiba. Total jumlah penumpang lebih dari 1.000 orang," ungkapnya sambil menambahkan rute Citilink antara lain ke Denpasar, Yogyakarta, Padang dan Kualanamu.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kenalkan Konsep Indonesia Aviaconomics, Sudah Diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta

Sedangkan Batik Air, terakhir beroperasi dengan dua penerbangan dari dan ke Balikpapan pada Kamis (8/7/2021). Sementara itu, Wings Air menghentikan sementara beroperasi seiringan dengan pandemi Covid-19.

Walau hanya sekitar 10 persen jadwal penerbangan, yang beroperasi, Nandang menegaskan pelayanan Bandara Halim tetap prima. "Pelayanan harus terus kami tingkatkan. Tidak boleh kendor," ujarnya didampingi Deputi EGM Surahmat.

BeritaTrans.com dan Aksi.id melihat pelayanan bandara tersebut memang tetap jempolan walau jumlah penerbangan dan penumpang merosot. Area keberangkatan dan kedatangan tampak kinclong, serta petugas tampak sigap dan responsif dalam melayani pengguna jasa.

Di bandara ini juga disediakan pelayanan vaksinasi untuk penumpang pesawat dan masyarakat umum. Selain itu tersedia pula pelayanan pemeriksaan tes Antigen dan PCR. (awe).