Diam-diam Telkom Mau Gandeng SpaceX Elon Musk, Bikin Apa ya?

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 22/Jul/2021 11:54 WIB
Foto: Elon Musk (AP/Susan Walsh) Foto: Elon Musk (AP/Susan Walsh)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perusahaan telekomunikasi pelat merah PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) saat ini tengah dalam pembicaraan dengan perusahaan perjalanan luar angkasa dan komunikasi milik Elon Musk, SpaceX.

Kerja sama ini rencananya akan berkisar mengenai pemanfaatan satelit untuk jasa komunikasi.

Baca Juga:
Telkom Antisipasi Ribuan Serangan Siber selama Piala Dunia U-17

VP Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan strategi ini merupakan upaya Telkom untuk meningkatkan konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

"Karenanya untuk maksud tersebut Telkom terbuka untuk bermitra dengan pihak manapun yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi satelit. Hal inilah yang mendasari pembicaraan kerjasama Telkom dengan SpaceX sebagai perusahaan asal Amerika yang telah dikenal luas memiliki kompetensi mumpuni dalam pengembangan teknologi satelit," kata Pujo kepada CNBC Indonesia, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga:
Telkom Tebar Dividen Rp 16,64 Triliun, Dibagikan Paling Lambat 2 Juli 2021

Dia menjelaskan bahwa tantangan penyediaan konektivitas di Indonesia adalah kondisi geografis yang terpisah. Sehingga dibutuhkan peran teknologi satelit untuk dapat mengakselerasi pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok nusantara.

Dengan adanya kerja sama antara Telkom dan SpaceX ini, diharapkan bisa memberikan solusi untuk mengakselerasi konektivitas hingga pelosok nusantara dengan penyediaan layanan satelit yang handal, berkualitas dan terjangkau.

Baru-baru ini SpaceX meluncurkan proyek Starlink di orbit rendah Bumi. Starlink ini merupakan satelit yang menyediakan layanan internet broadband dari luar angkasa. Satelit itu akan ditempatkan pada orbit yang jauh lebih rendah dari sebelumnya,

SpaceX disebut telah meminta izin untuk menerbangkan hingga 42.000 satelit tersebut.

Selain SpaceX, Elon Musk juga memiliki perusahaan mobil listrik paling populer di dunia, Tesla Inc. Forbes mencatat Elon Musk adalah orang terkaya nomor dua di dunia dengan kekayaan bersih per Rabu (21/7) sebesar US$ 163,6 miliar atau setara dengan Rp 2.372 triliun (kurs Rp 14.500/US$).

Pada pukul 14.06 WIB, Rabu siang ini, saham Telkom diperdagangkan naik tipis 0,62% di level Rp 3.230/saham. Nilai transaksi mencapai Rp 261 miliar dengan kenaikan saham sepekan sebesar 6%.(amt/sumber:cnbcindonesia.com)