Kapal Kargo Terbelah 2 di Laut Jepang, Munculkan Tumpahan Minyak

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 14/Agu/2021 13:31 WIB
Sebuah kapal berbobot 39.910 ton Sebuah kapal berbobot 39.910 ton "Crimson Polaris" kandas di sebuah pelabuhan di utara Jepang.(foto:Istimewa)

TOKYO (BeritaTrans.com) - Sebuah kapal kargo yang kandas di pelabuhan di utara telah pecah terbelah dua pada Kamis (12/8/2021) menyebabkan kebocoran minyak ke laut. 

Pihak berwenang Jepang kini berusaha keras menahan kebocaran minyak tersebut. 

Baca Juga:
Kapal Kargo Kebakaran di Pelabuhan Sunda Kelapa Diduga Karena Gesekan Besi

Kapal berbendera Panama Crimson Polaris kandas di Pelabuhan Hachinohe, Prefektur Aomori, Jepang pada Rabu (11/8/2021).  

Awak kapal berhasil membebaskan kapal berbobot 39.910 ton yang mengangkut serpihan kayu itu, tetapi tidak bisa membawanya jauh dari pelabuhan karena kondisinya yang rusak dan keadaan cuaca. Kapten akhirnya membuat keputusan untuk menurunkan jangkar sekira 4 km dari pantai. 

Baca Juga:
Kebakaran Kapal Kargo Angkut 3.000 Kendaraan, Diduga Karena Mobil Listrik

Kapal tersebut tetap di sana selama berjam-jam, sementara retakan yang muncul di lambung akibat insiden itu terus bertambah besar. Pada Kamis pagi, kapal kargo itu terbelah dua, menyebabkan sejumlah besar minyak bocor ke Laut Jepang. 

Baca Juga:
Kapal Tenggelam di Buton Tengah Tewaskan 15 Orang, `Keselamatan Perairan Enggak Dipikirkan`

Menurut keterangan penjaga pantai, tumpahan minyak itu memiliki panjang sekira 5,1 km dan lebar 1 km, tetapi tidak ada tanda-tanda akan mencapai pantai. Kapal patroli telah bekerja untuk mengatasi bencana tersebut, tambahnya sebagaimana dilansir RT. 

Semua 21 awak kapal, yang dilaporkan adalah warga negara China dan Filipina, telah dievakuasi dengan selamat dari kapal yang rusak dan dibawa ke pantai.(fh)