Teknologi Drone Digunakan untuk Menyalurkan Bantuan kepada Pasien COVID-19 di Makassar

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 04/Sep/2021 14:42 WIB
Tim drone bisa mengirimkan bantuan kepada pasien COVID-19 yang terisolasi di rumah selama beberapa kali dalam sehari. Foto: abc.net.au. Tim drone bisa mengirimkan bantuan kepada pasien COVID-19 yang terisolasi di rumah selama beberapa kali dalam sehari. Foto: abc.net.au.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sekelompok penggemar drone di Makassar, Sulawesi Selatan menggunakan keterampilan mereka dalam mengoperasikan drone untuk membantu pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi di rumah.

Tim 'Makassar Recover Drone Medic' mengirimkan makanan dan obat-obatan setidaknya lima kali sehari kepada pasien COVID-19, sejak awal Juli lalu.

Baca Juga:
Nadia: 15 Orang di Pesawat yang Ditumpangi Ashanty Positif Covid-19

Salah satu warga yang merasakan manfaat ini adalah Hartati, yang bersama keluarganya sedang menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan tertular COVID-19 pada pertengahan Agustus kemarin.

Ia tinggal di sebuah kawasan yang 80 persen warganya sedang sakit karena virus corona, sesuai data Satuan Tugas COVID-19 Makassar.

Baca Juga:
Positif COVID-19, Seorang Perempuan Dikarantina di Toilet Pesawat

Muhammad Dasysyara Dahyar, penggagas inisiatif tersebut mengatakan mereka bekerja sama dengan Satuan Tugas COVID-19 setempat. 

Saat angka penularan sedang memuncak pada Juli lalu mereka bisa mengirimkan makanan dan obat-obatan sampai 25 kali dalam sehari.

Baca Juga:
Dampak Varian Covid-19 Baru, Durasi Karantina Penumpang Internasional Naik Lagi jadi 7 dan 14 Hari

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomato, mengatakan mereka berencana untuk memperluas jangkauan pengiriman menggunakan drone ke beberapa pulau kecil sekitarnya, termasuk bagi 800 warga yang sedang mengisolasi di sebuah kapal di pesisir kota.

"Jangkauan [setiap] drone adalah sekitar tujuh kilometer, jadi sangat mungkin untuk mencapai pulau-pulau," ujarnya kepada kantor berita Reuters.

Tak hanya mengirimkan kebutuhan pokok kepada pasien COVID-19, drone juga membantu mengawasi lalu-lintas dan pergerakan orang-orang di Makassar, serta kawasan yang warganya ditargetkan untuk menjalani tes COVID-19.

"Misi ini adalah kebanggaan. Tidak setiap hari kami dibutuhkan dan berpartisipasi dalam menanggulangi bencana untuk mengatasi penyebaran COVID-19,” kata Dahyar, pendiri tim drone. (dn/sumber: abc.net.au)