Pesawat Jet AL AS Jatuh di Permukiman, 2 Pilot Dilarikan ke RS

  • Oleh : Fahmi

Senin, 20/Sep/2021 06:49 WIB
Asap membubung di permukiman Lake Worth, Texas, Amerika Serikat, yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat jet Angkatan Laut saat latihan pada Minggu (19/9/2021).(TWITTER @petemuntean) Asap membubung di permukiman Lake Worth, Texas, Amerika Serikat, yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat jet Angkatan Laut saat latihan pada Minggu (19/9/2021).(TWITTER @petemuntean)

LAKE WORTH (BeritaTrans.com) - Pesawat jet Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS) jatuh di permukiman warga pada Ahad (19/9/2021), dan dua pilotnya dilarikan ke rumah sakit. 

Kedua pilot tersebut diselamatkan dan kini masih dirawat, setelah pesawatnya jatuh di halaman belakang rumah warga dekat Fort Worth, Texas. 

Baca Juga:
Maskapai Penerbangan Timur Tengah akan Rekrut 196.000 Kru Baru, Termasuk 54.000 Pilot, 51.000 Teknisi dan 91.000 Awak Kabin

Akibat kecelakaan pesawat AL AS jatuh ini tiga rumah rusak di pinggiran Lake Worth. 

Para pilot sempat keluar dengan kursi pelontar sebelum jet kecil mereka jatuh sekitar satu blok dari sebuah sekolah menengah. 

Baca Juga:
Mengharukan, Pilot Wanita 84 Tahun Terbangkan Pesawat untuk Terakhir Kalinya

"Tidak ada warga yang terluka. Kedua pilot telah dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Pemadam Kebakaran Lake Worth Ryan Arthur kepada wartawan, dikutip dari AFP. 

"Insiden ini bisa saja jauh lebih buruk, mengetahui bahwa pesawat ini jatuh di daerah perumahan di sini di Lake Worth," katanya, seraya menambahkan bahwa pesawat itu untungnya jatuh di halaman belakang jadi tidak langsung menabrak rumah. 

Baca Juga:
Mantan Pilot Boeing Dituntut 100 Tahun Bui usai Tragedi Lion Air

Komando Pelatihan Udara Angkatan Laut AS (CNATRA) mengatakan, jet Angkatan Laut T-45C Goshawk, pesawat latihan yang sering digunakan di kapal induk, jatuh sekitar tiga kilometer dari pangkalan militer Fort Worth. 

"Pilot instruktur dalam kondisi stabil; kondisi murid penerbang angkatan laut tidak diketahui tetapi dia masih hidup dan mendapat perawatan," ujar CNATRA di twit. 

Pilot sedang melakukan latihan penerbangan rutin dari Bandara Internasional Corpus Christi, sekitar 400 mil dar selatan lokasi jatuhnya pesawat. 

"Penyebab kecelakaan itu tidak diketahui" dan sedang diselidiki, menurut CNATRA. 

Video di media sosial memperlihatkan kepulan asap hitam membubung ke atas dari lokasi kecelakaan. 

Salah satu video menunjukkan parasut tergantung di kabel listrik pinggir jalan, dengan talinya menjuntai ke tanah, sementara foto-foto dilaporkan menggambarkan puing-puing pesawat yang masih terbakar.(fh/sumber:kompas)