Rizal Kendarai Bus Sempati Star Volvo B11R Jelajah Medan-Jakarta 43 Jam

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 14/Okt/2021 15:26 WIB
Rizal dengan bus Sempati Star yang dia kendarai dari Bekasi untuk menuju Medan. Rizal dengan bus Sempati Star yang dia kendarai dari Bekasi untuk menuju Medan.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Menggunakan bus Sempati Star bersasis Volvo B11R, Rizal (36 tahun) mengendarai bus lintas dari Medan ke Jakarta. 

Perjalanan bus membawa penumpang tersebut dapat menempuh perjalanan selama dua hari dua malam. 

Baca Juga:
Mantap! Bus Putri Candi Dilengkapi GPS

"Nanti naik lagi ke Jakarta ni, tergantung dari perusahaan," kata Rizal saat ditemui BeritaTrans.con dan Aksi.id, di Terminal Bekasi, Kamis (14/10/2021). 

Rizal menjelaskan selama ini dia membawa bus dengan 41 tempat duduk itu hanya untuk rute Medan-Banda Aceh. Namum, kini mencoba memperkanalkan ke jalur yang baru yaitu Medan-Jakarta. 

Baca Juga:
Penumpang Rela Menunggu Bus Kabaret Bhinneka Sekitar Setengah Jam di Halte Jangga Indramayu

Rizal juga mengaku tidak begitu hapal dengan jalan yang akan ditujunya saat ini, terutama di kawasan pulau Jawa. 

"Kalau nyeberang ke sini (Pulau Jawa) belum ada hapal (jalan)," ujar Rizal. 

Baca Juga:
Ajo Doni Kendarai Bus Sempati Star Hello Kitty Bekasi-Medan Tiga Hari

Dia menjelaskan, jika bus Sempati Star memasuki pulau Jawa, maka akan ada pengawalan oleh perwakilan setiap pengurus yang ada di masing-masing kota. 

"Ada petugas chek, nanti dia yang kasih tunjuk jalan, ngawal kita, nanti sampai pelabuhan kita dikawal terus," kata Rizal. 

Petugas Sempati Star yang mengawal perjalanan dikatakan Rizal, nantinya akan mengarahkan bus dan ke terminal-terminal yang ada di Jabodetabek.
Bus akan mengakut penumpangnya untuk dibawa kesejumlah tujuan mereka sesuai tiket. 

Untuk perjalanan di kawasan Sumatera dikatakan Rizal tidak begitu sulit. "Kalau Sumatera sudah hapal. Kalau ini(Tol Jawa) takutnya salah keluar masuk pintu tol," ucapnya. 

Bus yang sebelumnya memiliki trayek atau trip Medan-Banda Aceh. Namun, kini sudah beberapa kali mencari penumpang Medan-Jakarta. 

Perjalanan dari Medan-Jakarta juga memiliki waktu tempuh yang lebih lama dari pada Medan-Banda Aceh. Setibanya di terminal tujuan bus juga harus menginap atau perpal untuk menanti keberangkatan kembali. Hal itu dikatakan Rizal juga akan menghabiskan waktu yang sia-sia. 

"Ya kalau pendapatan ya berkuranglah," ucap bapak empat anak ini. 

Bus Sempati Star tersebut sebelumnya juga harus sudah menginap di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. 

Warga Sigli, Aceh tersebut sebelumya bisa mengendarai bus setiap hari untuk pulang pergi(PP) tanpa perpal. Namun, kini perjalanan yang jauh harus dilalui bisa mencapai selama sepekan hingga 10 hari. 

Di Sumatera juga diceritakan Rizal masih ada jalan sedikit membuat perjalanan terhabat karena ada rusak yang rusak. "Dari Jambi ke Palembang itu harus hati-hati, banyak yang rusak," ucap Rizal. 

Selain itu di sejumlah kawasan juga masih ada SPBU yang mengalami langka bahan bakar solar. "Solar susah itu ada di Jambi," ungkapnya. 

Perjalanan bus Medan-Jakarta dapat ditempuh dengan bus tersebut akan mamakan waktu selama 43 jam. Hal itu juga tergantung jika keadaan bahan bakar dan penyeberangan tidak ada hambatan. 

Bus Volvo teraebut dapat menghabiskan biaya operasional sebesar Rp15 juta, biaya tersebut meliputi solar, penyeberangan dan lain sebagainya. 

Tarif bus Jakarta(Jabodetabek)-Medan ialah Rp700. Tersedia berbagai fasilitas termasuk toilet, tv entertaiment dan selimut.(fahmi)