Lakukan Pencurian Ikan, 3 Kapal Nelayan Indonesia Dibakar Australia

  • Oleh : Fahmi

Senin, 08/Nov/2021 17:44 WIB
Ilustrasi kapal dibakar. (Ist) Ilustrasi kapal dibakar. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Otoritas perbatasan Australia menghancurkan dan menyita isi dari kapal-kapal nelayan Indonesia. Hal ini dilakukan lantaran pejabat Negeri Kangguru menganggap bahwa pemancingan yang dilakukan kapal RI itu telah memasuki wilayahnya. 

Laksamana Muda Mark Hill, yang mengepalai Komando Perbatasan Maritim, mengatakan tiga kapal hancur dan 13 lainnya dikawal keluar dari perairan Australia. Ini terjadi dalam sebuah misi yang dilakukan selama tiga hari 

Baca Juga:
Diduga Tidak Tahu Batas Wilayah, 2 Kapal Nelayan Aceh Ditangkap di Thailand

"Kami memiliki akhir pekan yang sibuk di mana kami menemukan 16 kapal yang menangkap ikan secara ilegal, dan meresponsnya bersama dengan otoritas perikanan Australia Barat," katanya dikutip ABC News, Senin (8/11/2021).


"Ini menunjukkan tekad bahwa kita harus melawan penangkapan ikan ilegal, tidak hanya di daerah Rowley Shoals, tetapi di seluruh bagian utara negara ini." 

Baca Juga:
Kapal Nelayan Terbakar di Pinggir Kali di Indramayu, Diduga Karena Bocah Belajar Merokok

Laksamana Hill menambahkan para nelayan Indonesia tampaknya tidak terkejut dengan penangkapan tersebut. Sejauh ini, tak satu pun dari nelayan tersebut ditahan atau diadili, meskipun itu merupakan opsi yang sebelumnya ditempuh oleh pihak berwenang. 

"Mereka sudah terbiasa karena sayangnya kami melihat beberapa residivis," katanya. 

Baca Juga:
Kapal Bertenaga Listrik Diuji Coba di Cilacap, Mampu Menerjang Ombak Besar

"Pada umumnya para nelayan cukup patuh mereka tidak agresif, dan mereka melakukan apa yang kami minta."(fhm/sumber:CNBC)