Terseret Gelombang, Kapal Tanker Kandas di Pantai Tanjung Keluang

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 10/Nov/2021 07:08 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

PANGKALAN BUN (BeritaTrans.com) - Kapal tanker bernama lambung Samudera Sindo 38 kandas di tepi Pantai Tanjung Keluang, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akibat dihantam cuaca buruk, Sabtu (6/11) pukul 21.00 WIB.

Kapal tanker yang diduga sarat muatan Crude Palm Oil (CPO) itu keluar dari rute pelayarannya akibat badai kencang yang melanda perairan setempat. Badai tersebut membuat kapal kehilangan kendali dan menghantam pasir di tepi Pantai Wisata Tanjung Keluang.

Baca Juga:
Kapal Pesiar Ocean Explorer Angkut 206 Penumpang Serta Kru Kandas di Greenland

Lantaran posisi haluan kapal naik ke atas pantai, untuk dapat melanjutkan pelayaran nakoda kapal menunggu air laut pasang terlebih dahulu. “Posisi kapal tanker itu kandas menabrak pasir pantai, jadi harus menunggu air laut pasang agar dapat berlayar kembali,” kata Petugas Resort TWA Tanjung Keluang, Siswanto.

Ia berharap kapal tanker tersebut bisa cepat ditangani, kalau tidak maka akan menjadi tontonan warga sekitar dan para wisatawan yang berkunjung di taman wisata alam Tanjung Keluang.

Baca Juga:
KM Ajul Safikram Kandas Perairan di Ternate, Penumpang Dievakuasi

Mengingat TWA Tanjung Keluang ramai dikunjungi wisata lokal, kondisi ini berpotensi dapat mengganggu aktifitas wisatawan, terlebih TWA Tanjung Keluang merupakan tempat konservasi bagi berbagai jenis penyu langka. Hingga saat ini, belum didapat keterangan resmi kapal tersebut berasal dari mana dan tujuannya akan ke mana.(amt/sumber:radarsampit.com) 

Baca Juga:
Kapal Kontainer Asal Singapura Kandas di Perairan Belakang Padang, Batam, 24 Kru Selamat