Pelabuhan Tanjungpandan dan PT EPI teken MoU

  • Oleh : Wilam

Minggu, 21/Nov/2021 21:22 WIB
Imanudin (kiri)  bersama Hambar Wiyadi Imanudin (kiri) bersama Hambar Wiyadi

TANJUNGPANDAN
(BeritaTrans.com)-PT Pelabuhan Indonesia  Regional 2, Tanjungpandan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama dengan PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI). 

PT EPI nantinya menangani 
Pengelolaan Listrik, Air Bersih dan Penanganan Limbah di Pelabuhan Tanjungpandan. 

Baca Juga:
Sambut Raya Nyepi 2023, Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok Ditutup 29 Jam

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Hambar Wiyadi dan Direktur Utama PT Energi Pelabuhan Indonesia, Imanuddin, di Jakarta Utara, belum lama ini. 

Kehadiran anak perusahaan dari PT Energi Pelabuhan Indonesia di Pelabuhan Tanjungpandan merupakan anak perusahaan Pelindo yang ke-empat  di Pelabuhan tersebut. Sebelumnya PT Jasa Armada Indonesia (JAI) untuk pelayanan pemanduan, PT Pelabuhan Tanjung Priok untuk pelayanan kegiatan pengoperasian terminal, dan PT Multi Terminal Indonesia dalam kegiatan pelayanan logistic dan pengoperasian lapangan Lini II di area Pelabuhan Tanjungpandan.

Baca Juga:
Hadapi Nyepi, Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok Ditutup Sementara

Nota kesepakatan ini sejalan dengan inisiatif strategis dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam standar pelayanan operasional di pelabuhan, pengembangan infrastruktur dan peralatan pelabuhan, baik dalam hal pelayanan dan penyediaan supply listrik dan pelayanan air bersih serta perencanaan penerapan sustainability effort di lingkungan pelabuhan dalam pelayanan dan pengelolaan limbah di Pelabuhan Tanjungpandan (green port program).

Diharapkan adanya kesepakatan ini ke depan, akan memberikan nilai tambah untuk PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan dalam peningkatan pelayanan khususnya  pengelolaan dan pelayanan air bersih, pelayanan supply listrik dan pelayanan   pengelolaan limbah di lingkungan pengguna jasa kepelabuhanan.

Baca Juga:
Selain Listrik PT EPI juga Kelola Air Bersih Berkualitas untuk Kebutuhan Kapal dan Pelabuhan

 MoU ini sekaligus merupakan  sinergisitas anak perusahaan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam peningkatan level of service dan pengembangan layanan operasi pelabuhan kepada pengguna jasa kepelabuhanan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Dampak positif di luar pengguna jasa kepelabuhanan dapat dirasakan nantinya, khususnya bagi masyarakat sekitar area lingkungan pelabuhan pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Belitung dalam pemenuhan kebutuhan penyediaan air bersih dan limbah yang ramah lingkungan (sustainability environmental) dan berwawasan eco friendly  melalui penguatan ekosistem bisnis yang potensial di lingkungan Kabupaten Belitung.

Tags :