Kepala KSOP Jayapura Buka Pemilihan Ketua TKBM Teluk Numbay Jayapura

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 05/Des/2021 08:52 WIB
Foto:istimewa/humasksopjayapura Foto:istimewa/humasksopjayapura

JAYAPURA (BeritaTrans.com) - Penyelenggaraan pemilihan langsung Ketua TKBM Teluk Numbay Pelabuhan Jayapura dilakukan secara LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) yang diselenggarakan di halaman kantor KSOP Kelas II Jayapura berlangsung secara aman dan terkendali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (4/12021). 

Baca Juga:
Dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Papua, Kemenhub Terjunkan Kapal Perintis dan Ber-PSO

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh anggota TKBM sebanyak 709 orang dan hak suara mereka diakomodir melalui pemugutan suara yang dicoblos mulai dari jam 08.30 WIT sampai dengan jam 12.00 WIT. 

Baca Juga:
Angkutan Laut Perintis jadi Primadona Masyarakat Jayapura

Pemilihan ketua TKBM Teluk Numbay Pelabuhan Jayapura diikuti oleh 5 (lima) calon ketua TKBM yaitu Herman Yowei, Kelion Maniani, Oktavianus Asaribab, Jelsius Fonataba dan Asaria Maniani dengan menyampaikan visi dan misi masing-masing calon tersebut didepan para anggota TKBM sebelum dilakukan pencoblosan.

Baca Juga:
Bahas Potensi Usaha Jasa Sektor Kepelabuhanan di Papua, Tim Liaison BI Sambangi KSOP Jayapura

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor KSOP Kelas II Jayapura Capt. Roni Fahmi menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya pemilihan secara langsung Ketua TKBM Pelabuhan Jayapura sehingga hak suara para TKBM ini dapat Terakomodir dengan baik dan memilih ketua TKBM atas pilihan mereka sendiri tanpa harus melalui suatu aklamasi pemilihan atau penunjukan langsung yang selama ini dilakukan.  

Harapannya kepada Ketua TKBM yang baru melalui pemilihan umum ini dapat menjadi lebih baik dalam mengakomodir anggotanya dan menjadi paham akan regulasi dan tata kerja untuk bekerja di pelabuhan seperti Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), ke depan anggota TKBM Pelabuhan Jayapura dapat diikutkan dalam beberapa diklat-diklat untuk menunjang manajemen koperasi TKBM sehingga dapat membawa dampak positif untuk daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan para TKBM lebih andal dalam ketrampilan dan berkompetensi serta melindungi mereka sendiri di dalam menghadapi keterbukaan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA)," ucap Capt. Roni Fahmi selaku Kepala KSOP Kelas II Jayapura. 

Selanjutnya ketua pelaksana pemilihan umum ketua TKBM yaitu Kasie LALA Willem Fofid menyampaikan kepada wartawan bahwa para calon pemilih yang dari anggota TKBM sebanyak 709 orang dan yang melakukan pemilihan sebanyak 551 orang dan yang tidak melakukan pemilihan sebanyak 148 orang yang mana ada yang sudah keluar sebagai anggota TKBM, ada yang meninggal, ada yang keluar kota dan ada yang terlambat datang sesuai waktu yang telah ditentukan dari jumlah surat suara yang disiapkan sebanyak 784 surat suara.

Dari hasil pencoblosan surat suara untuk pemilihan ketua TKBM maka mendapatkan calon ketua TKBM terpilih yaitu bapak Jelsius Fonataba dengan perhitungan suara sebanyak 350 suara atau melebihi dari 50+1 sehingga ditetapkan sebagai pemenang ketua TKBM dan telah ditandatangani didalam berita acara perhitungan suara dan disaksikan oleh ketua pelaksana dan Kapolsek pelabuhan Jayapura.

Selanjutnya akan dilakukan pelantikan pengurus TKBM Port Numbay periode tahun 2021-2026 oleh pemerintah ucap Ketua Pelaksana pemilihan Ketua TKBM. (ahmad)