`Ada Teriakan dari dalam Air`, Dua Kapal Kargo Tabrakan di Laut Baltik, Penyelamatan Sedang Berlangsung

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 14/Des/2021 07:18 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

DENMARK (BeritaTrans.com) - Dua kapal kargo bertabrakan di Laut Baltik antara kota Ystad di Swedia selatan dan pulau Bornholm di Denmark. Menurut Badan Maritim Swedia, salah satu kapal kargo mengambang terbalik.

"Kami tidak tahu persis bagaimana itu terjadi," ungkap Jonas Franzen, manajer komunikasi Badan Maritim Swedia mengatakan kepada lembaga penyiar nasional SVT pada Senin (13/12/2021).

Baca Juga:
Kapal Kargo Mogok di Laut Aru, Kapal Pengawas KKP Lakukan Evakuasi

Operasi penyelamatan besar-besaran sekarang sedang berlangsung, dengan setidaknya sepuluh kapal penyelamat dari Denmark dan Swedia bekerja di lokasi. Beberapa helikopter juga melakukan pencarian di daerah tersebut.

"Perahu penyelamat telah mendengar teriakan di dalam air," papar Jonas Franzen kepada penyiar nasional SVT.

Baca Juga:
Kapal Kargo di Laut Merah Pakai Kru dari Cina untuk Hindari Serangan Houthi

Dia menegaskan, "Prioritasnya adalah menyelamatkan nyawa." Namun, belum ada orang atau mayat yang ditemukan atau diambil.

“Di dalam air gelap dan sangat dingin. Tapi angin tidak bertiup kencang. Di air empat derajat Celsius dan di udara lima derajat Celsius,” ujar Jonas Franzen seraya mengisyaratkan kondisi cuaca masih jauh dari baik.

Baca Juga:
Kapal Kargo Samudera Sakti 3 Terbakar di Lampung, 26 Awak Dievakuasi

Menurut Franzen, sumber daya selam telah diminta melanjutkan pencarian di dalam air.

"Karin Hoej" memiliki panjang 55 meter dan berlayar dengan bendera Denmark dan "Scot Carrier" sepanjang 90 meter berlayar dengan bendera Inggris.

Kapal Denmark sedang dalam perjalanan dari Sodertalje, Swedia ke Nykobing Falster, Denmark, dan pasti telah dibongkar muatannya. Kapal Inggris sedang dalam perjalanan dari Salacgriva, Latvia, ke Montrose di Inggris.

"Kapal Denmark itu setidaknya memiliki dua orang di dalamnya. Tapi kami tidak tahu berapa jumlah totalnya," papar Franzen.

Penjaga Pantai Swedia mengatakan kapal mereka sedang dalam perjalanan ke lokasi.(amt/sumber:sindonews.com)