Mantap, 1,3 Juta Ton Ekspor Komoditi Pertanian Dikirim dari Pelabuhan Utama Makassar

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 31/Des/2021 18:25 WIB


 

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Mantap,  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bekontribusi Kegiatan Gebyar Ekspor Komoditi Pertanian 2021 serentak di 34 Provinsi secara Nasional yang dipusatkan di Pelabuhan Utama Makassar tepatnya Dermaga Hatta Terminal Peti Kemas, Makassar. 

Baca Juga:
Kawasan Pelabuhan Makassar Berhasil Jadi Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

Kegiatan dihadiri dan dibuka Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Gubernur Sulawesi Selatan beserta Pejabat Utama dan Unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Brigjen Pol. Capt. Hermanta menyatakan, sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Gebyar Ekspor 2021 mulai dari rapat gabungan dengan seluruh stakeholder terkait, kesiapan tempat dan sarana-prasarana bersama Otoritas Pelabuhan, TNI-POLRI, Balai Besar Pertanian dan Pelindo termasuk dukungan Personil, serta dua unit Kapal Patroli KN.P. 350 dan KN.P.5204 untuk menjamin kelancaran, keamanan dan suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca Juga:
Antisipasi Tingginya Gelombang Arus Balik, Ditjen Hubla Terjunkan KN Mengkara Angkut Penumpang Rute Bira-Selayar Secara Gratis

"Kami mendukung dengan menurunkan dan melibatkan sejumlah Personel Kantor Kesyahbandaran Utama yang ditempatkan disemua lini di wilayah Pelabuhan Utama Makassar serta dua unit Kapal Patroli Penjagaan KN.P. 350 dan KN.P.5204 untuk mengamankan di wilayah perairan Bandar," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Gebyar Ekspor 2021 merupakan Event Nasional yang ke-3 untuk Tahun 2021 dengan Tema "Sinergi Pengawalan Dalam Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan dan Mendunia".

Baca Juga:
Tekan Penyebaran Covid-19, Kawasan Pelabuhan Makassar Area Wajib Vaksinasi

"Dengan Total Ekspor Produk Pertanian 1,3 juta Ton senilai Rp14,4 triliun," ungkapnya.

Gebyar Ekspor Produk Pertanian 2021 dilaksanakan di 34 Provinsi secara serentak yang dipusatkan di Pelabuhan Makassar merupakan Event Nasional yang ke-3 di penghujung tahun 2021 dengan Tema "Sinergi Pengawalan Dalam Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan dan Mendunia", dengan Total Ekspor ke 124 negara.

Kementerian Pertanian merencanakan peningkatan ekspor tiga kali lipat di tahun 2022. 

Sesuai arahan Presiden bahwa investasi dan ekspor merupakan faktor kunci dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Ekspor 2021 dari awal sampai akhir di Pelabuhan Makassar terlaksana dengan aman, lancar dan sukses dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang ketat," tutupnya. (omy)