Lagi dan Lagi Pesawat Red Wings Terperosok

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 11/Janu/2022 06:01 WIB


MOSKOW (BeritaTrans.com) - Untuk kali ketiga, pesawat Red Wings terperosok. Untung saja tidak ada korban luka atau meninggal dunia. Pada kejadian sebelumnya, lima orang tewas.

Paling anyar,  Senin,, 10 Januari 2022, pesawat Sukhoi Superjet maskapai Rusia menabrak landasan pacu saat mendarat di Belgorod. Tidak ada penumpang yang terluka, dan pesawat tampaknya hanya mengalami kerusakan kecil.

Penumpang di pesawat mengatakan bahwa pesawat itu 'terlempar' tetapi semua orang tetap relatif tenang. Rosaviatsia telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Baca Juga:
Pesawat Jatuh di Kamerun, Angkut 11 Orang

“Saya melihat ke luar jendela, dan ketika kami mendarat, saya menyadari bahwa kami terbang terlalu jauh di atas landasan. Ada pendaratan yang sangat berat, dan pesawat bergetar hebat. Kemudian terjadi lompatan yang sangat tajam, dan kami melaju ke lapangan, terguncang dan terlempar ke berbagai arah. Secara umum, tidak ada kepanikan di dalam pesawat. Orang-orang semua tenang tetapi tidak benar-benar mengerti apa yang terjadi," kata seorang wanita bernama Alina kepada wartawan.

Itu adalah awal yang dramatis untuk minggu ini bagi penumpang dan awak pesawat Red Wings penerbangan WZ387 dari Moscow Domodedovo ke Belgorod di utara perbatasan Ukraina.

Baca Juga:
3 Pesawat Brussels Airlines Dialihkan Pendaratan karena Darurat Medis Selama Sepekan ini

Saat mendarat pada pukul 10:41 waktu setempat, Sukhoi Superjet SSJ 100-95LR milik maskapai menabrak landasan pacu. Aviation Herald menyatakan itu melampaui sekitar 110 meter (350 kaki).

Sementara itu, sumber resmi penegak hukum mengatakan kepada TASS bahwa jaraknya lebih dekat ke 40 meter (131 kaki).

Baca Juga:
Mesin 2 Pesawat Rex Airlines Berasap, Penumpang Berloncatan

Tidak peduli jarak yang tepat, pesawat berakhir dengan semua perlengkapannya di tanah lunak. Penumpang dievakuasi oleh layanan pemadam kebakaran bandara tanpa cedera yang dilaporkan.

“Tidak ada penumpang dan awak yang terluka. Komisi Badan Transportasi Udara Federal terlibat dalam mengklarifikasi penyebab kecelakaan, di mana karyawan maskapai terlibat, ”kata juru bicara Red Wings kepada kantor berita.

Sebelumnya pada 24 November 2021, pesawat Sukhoi Superjet Red Wings dengan 81 penumpang dan enam kru ke luar landasan saat mendarat di Norilsk, Krasnoyarsk.

Pada 2012, pesawat maskapai tersebut terperosok ke luar landasan dan bablas ke jalan raya di Moskow. Lima orang tewas akibat musibah ini. 

Awe/sumber: simpleflying dan sumber lainnya.