Pesawat yang Ditumpangi Bos Tentara Bayaran Rusia Jatuh Melesat Vertikat ke Tanah, Ini Kronologinya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 24/Agu/2023 21:16 WIB
Penampakan jatuhnya pesawat pribadi secara vertikal di Tver, Rusia. Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dilaporkan bagian dari 10 orang di dalam pesawat yang tewas. Foto/Sky News Penampakan jatuhnya pesawat pribadi secara vertikal di Tver, Rusia. Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dilaporkan bagian dari 10 orang di dalam pesawat yang tewas. Foto/Sky News

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group, diduga tewas dalam kecelakaan pesawat di daerah Tver pada Rabu (23/8/2023).

Layanan darurat Rusia melaporkan jet pribadi Embraer Legacy itu jatuh di dekat Desa Kuzhenkimo di wilayah Tver dalam perjalanan dari Moskow menuju St. Petersburg.

Baca Juga:
Kronologi Penyebab Pesawat Japan Airlines Tabrakan dan Terbakar di Bandara Haneda

Menurut laporan TASS, sekitar setengah jam setelah lepas landas, pesawat "terbakar" akibat benturan.

Data pelacakan penerbangan FlightRadar24 menunjukkan transponder pesawat berhenti mengirimkan transmisi data ketinggian sekitar pukul 18.19 waktu setempat.

Baca Juga:
Pesawat Japan Airlines Tabrakan dengan Pesawat Penjaga Pantai, Timbulkan Kobaran Api di Bandara

Menurut FlightRadar24, kemungkinan transmisi berhenti karena "gangguan di daerah tersebut." Pesawat itu sendiri sudah mencapai 28 ribu kaki.

Di menit-menit terakhir transmisi, data menunjukkan pesawat membuat gerakan naik-turun yang tidak menentu dan pada satu titik naik di atas 30 ribu kaki.

Baca Juga:
Viral Ada Pesawat Disebut Jatuh di Jakarta, Ternyata Aerobatik Lagi Latihan

Pada pukul 18.19, data menunjukkan tingkat penurunan pesawat mendekati 8.000 kaki per menit sebelum akhirnya transmisi berhenti.

Pesawat ini membawa 10 orang, termasuk tiga awak pesawat. TASS mengabarkan dalam daftar penumpang Embraer, tercantum nama Prigozhin.

"Investigasi telah diluncurkan atas pesawat Embraer jatuh, yang terjadi malam ini di wilayah Tver. Menurut daftar penumpang, di antara penumpang ada nama Yevgeny Prigozhin," tulis TASS, seperti dikutip BeritaTrans.com

Operator yang mengoperasikan Embraer sudah merilis daftar penumpang pesawat tersebut. Mereka antara lain Sergey Propustin, Evgeniy Makaryan, Aleksandr Totmin, Nikolay Matuseev.

Ada pula Valeriy Chekalov selaku bawahan Prigozhin, Dmitriy Utkin selaku letnan tepercaya sejak Wagner didirikan, dan Prigozhin sendiri.

Menurut informasi awal, seluruh penumpang tewas. Sejauh ini, delapan jenazah telah ditemukan. Namun, pihak berwenang belum bisa mengidentifikasi para korban.

Prigozhin merupakan orang kepercayaan pemerintah Rusia yang telah diterjunkan berperang bersama Wagner di Ukraina sejak invasi pecah Februari 2022 lalu.

Hingga akhir tahun lalu, pasukan Wagner menjadi tombak utama Rusia. Mereka membuka jalan bagi tentara Kremlin untuk masuk ke titik-titik vital di Ukraina.

Namun belakangan, Wagner dan pasukan reguler mulai tak kompak. Prigozhin kerap mencemooh tentara Rusia dan membongkar kebobrokan komando di lapangan yang merugikan Rusia di medan perang.

Tahun ini, Wagner melancarkan pemberontakan di Rusia dengan maksud menggulingkan para petinggi militer Kremlin.

Pemberontakan yang membuat gempar Rusia itu pun berakhir dengan kesepakatan. Lewat mediasi Presiden Belarus Alexander Lukashenko, Prigozhin diperintahkan pergi ke Belarus jika tak mau dijatuhi hukuman atas tindakannya tersebut.

Laporan media beberapa waktu terakhir menunjukkan aktivitas Wagner di negara tetangganya itu. Meski begitu, sejak awal banyak pihak menduga nyawa Prigozhin tak akan pernah aman karena telah membuat kekacauan di Rusia.