Sinergi Apik BPSDMP-Balitbanghub Wujudkan Transformasi Perguruan Tinggi dengan Akreditasi Jurnal dan Penelitian Ilmiah

  • Oleh : Naomy

Rabu, 19/Janu/2022 08:36 WIB
Plt Kepala BOSDMP dan Kepala Balitbanghub di sela teken kerja sama Plt Kepala BOSDMP dan Kepala Balitbanghub di sela teken kerja sama

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Guna mewujudkan transformasi Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) pada akhir tahun 2021 telah mencanangkan BPSDMP Next Generation GO. 

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Untuk transformasi dan revitalisasi Perguruan Tinggi ini,  BPSDMP-NG GO mengusung Program andalan 5P yaitu Pendidikan dan Pelatihan yang link and match dengan industri, Kolaborasi Penelitian, Pengelolaan Sumber Daya melalui kerja sama dengan stakeholder, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu.

Guna melakukan Penelitian yang up to date dan pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang sesuai dengan arah kebijakan Kemenhub, BPSDMP menggandeng Badan Penelitian dan Pengembangan perhubungan (Balitbanghub) yang tidak lama lagi akan beralih bentuk menjadi Badan Analisis Kebijakan Perhubungan. 

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

Kolaborasi apik yang secara formal ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama.

"Ini merupakan salah satu upaya percepatan meningkatkan akreditasi jurnal pada Perhuruan Tinggi Kemenhub," jelas Plt. Kepala BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi, saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang digelar secara hybrid.

Baca Juga:
Wisuda 383 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Arif Sebut Pentingnya Memiliki Karakter Kuat

Plt. Kepala BPSDMP beserta para Kepala UPT (Ketua Sekolah Tinggi, Direktur Politeknik dan Kepal Balai Diklat) di wilayah Jabodetabek dan Kepala Balitbanghub  beserta Para Kepala Pusat Penelitian hadir secara tatap muka di Ruang Rapat Sekretariat BPSDMP.

Sementara para Kepala UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan di luar wilayah Jabodetabek mengikuti kegiatan secara virtual melalui Zoom Meeting.

"Melaui kerja sama ini saya berharap 22 Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP dan lima Balai Diklat dapat meningkat mutu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dengan berkolaborasi dengan banyak pihak dan selalu adaptif terhadap perkembangan teknologi, serta melakukan inovasi dalam mewujudkan Perguruan Tinggi yang berprestasi," urai Plt. Kepala BPSDMP.

Hal ini penting, sebagaimana arahan Menteri Perhubungan bahwa lembaga pendidikan transportasi harus tampil di garis terdepan dalam mencetak SDM transportasi yang unggul, kompeten, kompetitif, adaptif, dan inovatif. 

Untuk itu penting bagi Perguruan Tinggi mendapatkan akreditasi pengelolaan jurnalnya agar penelitian yang dilakukan diakui oleh Lembaga Nasional maupun Internasional.

"Wujud sinergi dan kolaborasi yang nantinya akan dilakukan bersama Balitbanghub antara lain pelaksanaan penelitian, pengelolaan jurnal ilmiah, perpustakaan, pemanfaatan sarana prasarana dan sumber daya manusia, serta pengabdian kepada masyarakat," imbuhnya.

Perkembangan disrupsi teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Untuk dapat merespon dan menjawab berbagai tantangan yang muncul, maka perguruan tinggi dituntut untuk mampu memberikan masukan dan solusi terhadap tantangan-tantangan tersebut.

Melalui penelitian dan jurnal ilmiah yang nantinya dapat di jadikan acuan dalam merumuskan kebijakan transportasi yang tepat.

Plt. Kepala BPSDM Perhubungan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balitbanghub, yang telah mempercayai BPSDM Perhubungan untuk melalakukan kerja sama. 

"Diharapkan melalui kerja sama ini akan mampu mendorong seluruh perguruan tinggi mendapat akteditasi pengelolaan jurnal," tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balitbanghub Umar Aris menyampaikan, salah satu kunci keberhasilan dalam mewujudkan transportasi yang selamat, aman dan nyaman adalah menciptakan output dan outcome  dari Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDM Perhubungan yang kompeten dan memenuhi tuntutan industri serta standar global. 

Peran strategis pengembangan SDM di sektor transportasi sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yang memberikan kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa untuk mengasah keterampilan dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Salah satunya melalui program riset atau penelitian untuk mendorong mereka dalam berinovasi. 

“Untuk itu penelitian dan akreditasi pengelolaan jurnal merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi,"  katanya.

Dia juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kolaborasi ini dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Perguruan Tinggi Di Lingkungan BPSDM Perhubungan. 

"Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan sarana, prasarana dan SDM serta kegiatan lain yang disepakati," tutup Umar. (omy)