Kinerja Bank Danamon Moncer, Raih Laba Rp1,6 Triliun di Tahun 2021

  • Oleh : Naomy

Rabu, 16/Feb/2022 20:37 WIB
Konpres virtual Bank Danamon Konpres virtual Bank Danamon

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kinerja keuangan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon” dan “Bank”)
moncer di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan secara virtual pada acara Konferensi Pers Kinerja Keuangan Tahun Fiskal 2021 di Jakarta.

Baca Juga:
Semester I-2023 Bank Danamon Bukukan Laba Bersih Rp1,5 Triliun

"Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) konsolidasi pada tahun 2021 sebesar Rp 1,6 triliun," ujar Presiden Direktur Danamon Yasushi Itagaki, Rabu (16/2/2022).

Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan naik 6% mencapai Rp58 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca Juga:
Danamon, Adira Finance dan MUFG Hadir Kembali di IIMS Surabaya 2023 Usung KPM Prima dan Berbagai Promo

Dibandingkan dengan tahun 2020, Danamon juga membukukan pertumbuhan pada giro dan tabungan (CASA) sebesar 11% yang kini tercatat sebesar Rp 73 triliun, sehingga rasio CASA meningkat hingga 59,1%.

"Danamon berhasil membukukan pertumbuhan laba sebesar 56%, dan mampu mempertahankan 
fundamental yang kuat di tengah pandemi dan tantangan ekonomi," ungkapnya. 

Baca Juga:
Danamon, MUFG, dan Adira Finance Sukses Tarik Perhatian Konsumen Otomotif di IIMS 2023

Ketahanan operasional serta kekuatan bank terus menunjukkan kemajuan yang baik, dengan memberikan layanan dan dukungan yang stabil kepada para nasabah. 

Berbagai investasi di Saluran Digital, IT, Branding, dan Sumber Daya Manusia (SDM) juga terus ditingkatkan oleh Danamon. 

Lembaga pemeringkat global, Moody’s Investor Service, menaikkan peringkat simpanan jangka panjang dan Adjusted Baseline Credit Assessment (BCA) Danamon menjadi Baa1. 

Peringkat ini mencerminkan fundamental Danamon yang solid serta dukungan yang kuat dari MUFG sebagai perusahaan Induk Danamon.

Danamon juga menerima berbagai penghargaan bergengsi pada tahun 2021 seperti Asian Banker Transaction Award 2021 untuk perannya dalam menyediakan layanan sistem manajemen kas melalui fasilitas pembayaran dan posting otomatis secara real-time.

Penghargaan Properti 
Indonesia 2021 untuk The Most Progressive Mortgage Banks with Accelerating Partnership, The 
Asset Triple A Awards untuk kategori Best Hedging and Solution: FX, Indonesia, mendapatkan  peringkat Sangat Baik dalam Mengelola Transformasi oleh Indonesia HR Excellence 2021 dari 
Majalah SWA, peringkat satu dalam Best Overall Satisfaction, Loyalitas dan Keterlibatan Terbaik untuk Bank BUKU 4 oleh Infobank, serta Most Popular Digital Financial Brands (Millenial's Choice) 
2021 di kategori Bank BUKU 4 menurut Iconomics. 

Danamon juga menerima Penghargaan Mitra Bakti Husada 2021 dari Kementerian Kesehatan RI sebagai pengakuan atas upaya inovasi digital dan penerapan protokol kesehatan di perusahaan.

“Sebagai bagian dari MUFG, bank terbesar di Jepang dan salah satu lembaga keuangan terkemuka di dunia, kami dapat memanfaatkan kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani para nasabah kami," kata Yasushi. 

Melalui hubungan dengan MUFG, pihaknya dapat mencapai pertumbuhan kredit yang substansial di segmen Enterprise Banking. 

"Selain itu, NPL kami turun menjadi 2,7 persen, sekaligus mencapai rekor rasio NPL coverage yang tinggi karena manajemen risiko kami yang konservatif, penagihan yang disiplin, dan pemulihan utang,” imbuhnya. 

Kolaborasi yang dilakukan oleh Danamon, Adira Finance, dan MUFG juga menjadi kunci yang memanfaatkan kekuatan dari masing-masing entitas. 

Sebagai sebuah grup, pihaknya memiliki aspirasi yang sama untuk memberikan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh segmen dan rantai bisnis, termasuk ekosistem industri otomotif dan pengembang property asal Jepang. 

"Kami berkomitmen untuk mengembangkan organisasi yang berpusat pada nasabah untuk memprioritaskan kepentingan para nasabah serta seluruh pemangku kepentingan," tambah dia. 

Hal ini selaras dengan brand promise untuk memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Pertumbuhan Kredit Terlepas dari berbagai tantangan yang ada selama pandemi, Danamon membukukan pertumbuhan kredit sebesar 6% di segmen Enterprise Banking, berkat kerja sama dan dukungan dari jaringan global MUFG sebagai salah satu bank terbesar di dunia. 

Danamon dan MUFG akan kembali menggelar Business Matching Fair untuk menyediakan wadah bagi nasabah korporasi dan perbankan komersial agar dapat bertemu dengan mitra bisnis internasional yang potensial, seiring Danamon memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi. 

Selain menyediakan kesempatan bagi para klien lokal agar dapat melakukan kegiatan usaha di luar negeri, ajang tersebut juga diharapkan dapat berkontribusi dalam menjaga roda pemulihan ekonomi yang tengah berjalan. (omy)