Bus Rasa Sayang Rute Jakarta-Bima Bisa Angkut Penonton MotoGP Mandalika

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 18/Feb/2022 13:23 WIB
Bus PO Rasa Sayang terparkir untuk bersiap akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur tujuan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bus PO Rasa Sayang terparkir untuk bersiap akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur tujuan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mengunjungi sirkuit Mandalika untuk melihat perhelatan balap motor dunia MotoGP tentu bisa menggunakan moda transportasi darat termasuk bus umum. 

Jika dari Jakarta, kita menggunakan bus dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur. Bus dari situ tersedia berbagai PO untuk tujuan Jakarta-Bima. 

Baca Juga:
Tiba Larut Malam di Terminal Pulo Gebang Dapat Fasilitas AMARI Gratis

Salah satu kru bus PO Rasa Sayang menceritakan bus yang dia kendarai akan melewati Sirkuit Pertamina Mandalika, masyarakat dapat turun dan memilih tujuan di Kota Mataram untuk kemudian melanjutkan dengan angkutan kecil. 

"Paling ke sana nanti bisa naik semacam KWK, tidak sampai setengah jam berangkali, langsung sampai ke Sirkuit Mandalika," ujar Ruslan saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id di Terminal Pulo Gebang, Kamis (18/2/2022). 

Baca Juga:
Puluhan Bus di Terminal Pulo Gebang Ditemukan Tak Laik Jalan

Ruslan mengatakan, penumpang nanti bisa turun di pinggir jalan atau memilih tempat seperti terminal untuk diturunkan dengan busnya. 

Jalan di kawasan tersebut, dikatakan tidak akan terjadi macet. Nantinya Kementerian Perhubungan juga menyiapkan angkutan penyerta seperti Suttle Bus untuk menuju langsung ke kawasan zona ekonomi khusus itu. 

Baca Juga:
Bus Haryanto Terbakar Saat Diparkir di Terminal Pulo Gebang

Adapun waktu jarak yang ditempuh dari Jakarta ke event bapap raja jalanan dunia tersebut ialah selama kurang lebih dua hari tiga malam. "Dari sini ke sana dua hari setengah," ujar Ruslan. 

Bus arah sana akan melawati berbagai provinsi dan beberapa penyeberangan kapal. Mulai dari Surabaya, Pulau Bali, Lombok  Matara. Sumbawa, Dompu hingga Bima bahkan melayani oenumpang arah Labuhan Bajo. 

Jadwal kerberangkatan dari Terminal Pulo Gebang setiap harinya mulai dari pukul 15.00. Penumpang akan berkumpul dan menaikkan barang bawaan terlebih dahulu untuk selanjutnya meninggalkan terminal. 

Tidak hanya dari Jakarta, penumpang juga dapat naik dari daerah keberangkatan lainnya, Seperti Surabaya dan selanjutnya.

Penumpang bus Rasa Sayang menyajikan pelayanan makan gratis saat diperjalanan. Bus akan berhenti untuk makan minum istirahat penumpang dari Jakarta yaitu di Taman Sari Jawa Barat, Surabaya, Jawa Timur arah Pelabuhan Ketapang, Mataram dan Sumbawa. Adapun harga tiket berkisar Rp700-800 ribu. 

Bus PO Rasa Sayang bukanlah satu-satunya PO dengan jurusan Jakarta ke Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut yang akan melalui tempat perhelatan pemotor dunia itu. Tersedia dari Terminal Pulo Gebang yaitu PO Dunia Mas, Langsung Indah dan Safari Darma Raya. Namun, beberapa PO hanya melayani pelayanan terjadwal. 

Antusias penonton atau calon penumpang arah Mandalika dikatakan kru bus Rasa Sayang belum terasa. Saat ini bus dari arah Jakarta cenderung sepi. 

Event MotoGP di Mandalika akan terlaksana pada 20 Maret 2022. Segala persiapan telah dilakukan oleh pemerintah termasuk menyediakan sarana, prasarana infrastruktur telah dikerjakan. Direncana sebelummya penonton yang hadir mencapai 63.000 orang.(fahmi)