Sopir Ikuti Google Maps, Truk Nyemplung ke Kali di Sawangan Depok

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 22/Feb/2022 07:52 WIB
Evakuasi truk bermuatan batu yang terperosok ke kali di Jalan Telaga, Kedaung, Sawangan, Depok, Senin (21/2/2022). Evakuasi truk bermuatan batu yang terperosok ke kali di Jalan Telaga, Kedaung, Sawangan, Depok, Senin (21/2/2022).

DEPOK (BeritaTrans.com) - Truk bermuatan batu tercebur ke kali di Jalan Telaga, Kedaung, Sawangan, Depok, Senin (21/2/2022) siang. 

Saksi bernama Aldy Arjuna mengatakan, truk bermuatan batu kali yang hendak menuju Kampung Kebon Sawangan melintasi Jalan Telaga lantaran karena sopir mengikuti aplikasi penunjuk arah Google Maps. 

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Tol Cikampek KM 58, 9 Orang Tewas

"Truk muatan full batu kali dari Gunung Sindur Bogor mau ke Kampung Kebon Sawangan. Sopir lewat situ karena diarahkan oleh Google Maps," kata Aldy saat dihubungi wartawan. 

Aldy mengatakan, sopir truk telah diingatkan warga agar tak melintasi jalan tersebut lantaran jalur sempit. 

Baca Juga:
Longsor di Jalan Tol Bocimi Sebabkan 2 Orang Luka

"Jadi jam 10.44 saya ketemu truk masuk ke dalam Gang Jambu. Di pertengahan jalan, sopir truk sudah diperingatkan jangan lewat situ, jalur sempit dan curam," ujarnya. 

Saat itu, warga sempat menahan truk melewati jalur tersebut. Namun, lantaran tak memungkinkan untuk putar arah, truk melaju di Jalan Telaga hingga akhirnya tercebur ke kali. 

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

"100 meter sebelum lokasi kejadian, truk sudah ditahan oleh warga, dilarang lewat, cuma kekeh mau lewat situ juga, karena enggak memungkinkan buat muter balik. Akhirnya truk maksa, kejadian deh jam 10.55 truk masuk ke kali," tutur Aldy. 

Dikatakan Aldy, Jalan Telaga memang masih bisa dilalui kendaraan ukuran sedang meski kondisinya telah tergerus air. 

Namun, jalan tersebut tak kuat menahan beban kendaraan besar dan bermuatan banyak. 

"Kondisi jalan masih bagus, cuma bagian bawah jalanan sudah kegerus air kali jadi bolong. Kalau mobil kecil masih kuat nahan, nah apesnya yang lewat sekarang truk, (jalan) enggak kuat nahan beban, ambles jadinya," kata Aldy. 

Aldy berujar, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Truk tersebut sudah dievakuasi menggunakan crane. 

"Di dalam truk ada satu orang, kebetulan kernet sedang di luar memberi arahan. Sopir selamat, langsung bisa keluar pas kejadian. Enggak ada luka-luka, cuma kelelep aja karena panik," ujarnya. 

"Dari pihak pemilik truk tadi siang datang dengan membawa alat crane untuk evakuasi," pungkasnya.(fh/sumber:kompas)