TNI AU Bangun Pangkalan Udara di IKN Nusantara Kaltim

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 04/Mar/2022 16:33 WIB
Ilustrasi Pangkalan Udara. Ilustrasi Pangkalan Udara.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - TNI Angkatan Udara (AU) berencana akan membangun pangkalan udara baru guna menempatkan satuan-satuan udara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang terletak di kawasan Kalimantan Timur (Kaltim). 

"Akan membangun satu pangkalan udara di sana dan akan menempatkan satuan-satuan udara," Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo kepada wartawan, Jumat (4/3/2022). 

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Menurutnya, pangkalan udara yang akan dibangun untuk mendukung kegiatan Presiden dan Wakil Presiden tersebut akan menggeser dua skadron VIP/VVIP, yakni Skadron 17 dan Skadron 45 ke wilayah IKN. 

"Seperti kita ketahui bahwa, skadron udara 17 dan skadron udara 45 adalah dua satuan yang mendukung kegiatan penerbangan Presiden dan Wakil presiden," jelasnya. 

Baca Juga:
Menhub Senang, Progres Pembangunan Bandara IKN Sesuai Rencana

"Dan mungkin akan kita tempatkan beberapa satuan pendukung. Nanti di pangkalan tersebut akan juga dibangun untuk fasilitas yang mendukung kegiatan bapak Presiden RI," tambahnya. 

Sementara untuk pertahanan udara, Fadjar menyampaikan jika pihaknya bakal membentuk pemandu sektor pertahanan udara IKN yang sekarang organisasinya sudah ada. Bersamaan alutsista TNI AU yang baru yang akan dipindahkan. 

Baca Juga:
Menhub: Bandara IKN Ditarget Uji Coba Juli

"Nanti akan kita relokasi ke sana dengan alutsista baru, tentunya yang bisa menjamin keamanan wilayah udara khusus di daerah IKN," sebutnya.(fh/sumber:merdeka)