Dikembangkan Unhas, Pesawat Buatan Montir Tamatan SD Uji Terbang April

  • Oleh : Dirham

Selasa, 08/Mar/2022 15:07 WIB
Pesawat buatan Haerul yang dikembangkan Unhas.  Pesawat buatan Haerul yang dikembangkan Unhas. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pesawat buatan seorang montir lulusan SD asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Haerul hampir rampung. Pesawat tersebut ditargetkan bisa uji coba terbang April mendatang.

Dilansir pada Selasa (8/3/2022), pesawat itu berjenis ultralight. Pesawat tersebut dibantu pengembangannya oleh Universitas Hasanuddin (Unhas).

"Insya Allah paling lambat bulan depan (April). Kalau sudah datang alatnya dipasang, sudah bisa bulan depan uji cobanya," tegas Ketua Tim Pendampingan Pesawat Haerul (PPH) Unhas, Prof. Nasaruddin Salam. 

Nasaruddin menyampaikan pihaknya tengah menunggu alat sistem kontrol pesawat yang didatangkan dari Singapura. Instrumentasi untuk dipasang di kokpit.

"Kalau sistem kontrol mekanisnya, misalnya pergerakan plat pada sayap, roda, dan lain-lain sudah. Tinggal instrumentasi elektronik atau navigasi. Kalau itu sudah ada, nanti uji coba. Sudah ada juga pilot yang bersedia uji coba," ujarnya.

Pengembangan pesawat dilakukan di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Unhas. Pesawat Haerul yang dikembangkan mulai digarap tim Unhas sejak 2022 lalu. (ds/sumber Detik.com)
 

Tags :