Tebing Longsor Tutup Akses Jalan Alternatif Sumedang-Subang

  • Oleh : Taryani

Senin, 14/Mar/2022 17:55 WIB
Petugas membersihkan material tebing longsor di jalur alternatif Sumedang-Subang. (Foto:tvonenews) Petugas membersihkan material tebing longsor di jalur alternatif Sumedang-Subang. (Foto:tvonenews)

SUMEDANG (BeritaTrans.com) - Tebing  yang tingginya sekitar 10 meter longsor menutup akses jalan alternatif Sumedang - Subang di Kawasan Ciptasari, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (13/03/22) malam.

Kapolsek Pamulihan, Iptu Ardianto mengatakan, akibat longsor tersebut arus lalu-lintas kendaraan di kedua daerah sempat lumpuh. Hal itu lantaran jalan alternatif tertutup material tebing longsor.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD serta relawan setempat berupaya mengevakuasi material tebing  longsor menggunakan alat seadanya.

"Tadi sore sempat menutup jalan hingga macet total. Sekarang berupaya dengan alat seadanya karena ketebalan material  longsor hanya sekitar 30 cm sehingga masih bisa dilakukan tanpa alat berat," ujar Ardianto di lokasi longsor.

Sekira pukul 20.00 WIB, lanjut Ardianto kondisi  jalan itu sudah mulai bisa dilalui kendaraan.

Meski demikian, pihak kepolisian masih memberlakukan sistem buka tutup, karena masih ada sisa  longsoran tanah yang menutup sebagian badan jalan.

"Alhamdulillah sudah bisa bergerak, tapi masih buka tutup. Kita mengimbau pengendara yang hendak ke wilayah Subang agar melewati  Jalur Padasuka Sumedang Kota," lanjutnya.

Salah seorang warga setempat, Rinda mengemukakan, longsor di lokasi tersebut merupakan yang ketiga kalinya.

Meski longsor kali ini tidak separah sebelumnya, namun warga tetap merasa khawatir sebab  gerusan longsor terus terjadi setiap hujan deras mengguyur.

"Ini longsor yang ketiga kalinya tidak ada korban,” ucapnya.

Pantauan tvonenews.com di lokasi, hingga pukul 21.00 WIB Minggu malam hujan masih mengguyur wilayah Sumedang.

Petugas gabungan masih melakukan pembersihan material tebing  longsor dengan alat seadanya. Hanya dibantu  penyemprotan air dari mobil pemadam kebakaran. (tr/Sumber:tvonenews)