China Bangun Jalur KA Cepat di Atas Laut Sepanjang 350 Km Hubungkan Fujian dengan Kota Pelabuhan Xiamen

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 20/Mar/2022 19:00 WIB


Baca Juga:
China Operasikan Kereta Api Berkecepatan Tinggi Sepanjang 2.000 Kilometer pada 2022

BEIJING (BeritaTrans.com) - Sepasang rel baja sepanjang 500 meter pada Kamis (17/3) berhasil diletakkan di atas bantalan rel beton di stasiun kereta Putian di Provinsi Fujian, China timur, menandai dimulainya pekerjaan peletakan rel pada jalur kereta cepat lintas laut pertama negara itu.

Jalur kereta sepanjang 277 kilometer tersebut menghubungkan Fuzhou, ibu kota Provinsi Fujian, dengan kota pelabuhan Xiamen.

Jalur yang dirancang untuk dapat dilalui kereta dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam itu diperkirakan akan memangkas waktu perjalanan antara kedua kota menjadi sekitar satu jam.

Dengan menggunakan mesin canggih, para pekerja dapat meletakkan rel kiri dan kanan pada saat yang bersamaan dan meningkatkan efisiensi mereka hingga hampir dua kali lipat, kata Zhang Xiaofeng, manajer proyek di China Railway 11th Bureau Group Co., Ltd.

Dengan kecepatan peletakan rel sekitar 6 kilometer per hari seperti saat ini, seluruh pekerjaan peletakan rel diharapkan rampung pada akhir tahun ini, menurut Zhang Zhipeng, seorang eksekutif di Dongnan Coastal Railway Fujian Co., Ltd.

Proyek pembangunan jalur kereta cepat tersebut dijadwalkan selesai pada 2023.