Horor, Sebelum Pesawat Boeing China Eastern Jatuh Vertikal: Semua Penumpang Pingsan

  • Oleh : Dirham

Selasa, 22/Mar/2022 13:15 WIB
Bagian puing pesawat penumpang China Eastern yang jatuh di lereng gunung di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. Bagian puing pesawat penumpang China Eastern yang jatuh di lereng gunung di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China.

WUNGZHU (BeritaTrans.com) - Pesawat China Eastern Airlines jatuh di pegunungan Provinsi Guangxi, China selatan.  Pesawat tersebut terjun dalam kondisi hampir vertikal dari ketinggian hampir 30 ribu kaki. 

Ahli penerbangan memperkirakan pilot dan seluruh penumpang pesawat ini berada dalam kondisi tidak sadarkan diri ketika pesawat menghantam lereng gunung.

Baca Juga:
Pesawat TNI AL G-36 Bonanza yang Jatuh di Laut Madura Baru Menjalani Perawatan

Dikutip dari The Mirror, pakar penerbangan Sally Gethin menganalisis, 9 awak dan 123 penumpang mengalami terjun dua menit yang mengerikan dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Hal ini dikarenakan tingginya kesetaraan gaya gravitasi atau g-force aliran darah mengalir deras ke kepala mereka dan membuat mereka pingsan.

Baca Juga:
Pesawat Cessna Jatuh di Lahan Parkir Masjid Agung Abu Dhabi

Pesawat China Eastern penerbangan MU5735 berangkat dari Kota Kunming pada pukul 13.11 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Guangzhou pada pukul 15.05, Senin (21/3/2022). Namun, setelah satu jam, terjadi masalah besar dalam penerbangan.

Pada pukul 14:20, pesawat tiba-tiba mulai kehilangan ketinggian dengan sangat cepat. Pesawat itu meluncur sebelumnya di ketinggian 29.100 kaki dan hanya dalam kurang dari dua menit kehilangan lebih dari 21.000 kaki.

Baca Juga:
Pesawat Tempur F-4E Korea Selatan Jatuh di Laut Kuning, 2 Pilot Selamat

Dalam sebuah grafik yang dirilis oleh New York Times, pesawat sempat stabil dan kembali naik ke ketinggian 8000 kaki sebelum kembali menukik tajam. Gethin mengatakan, kemungkinan salah seorang dari pilot yang menerbangkan pesawat itu sempat sadar selama 10 hingga 20 detik dan mencoba menyelamatkan pesawat dari kecelakaan.

Seorang manajer Pertambangan Beichen di Kota Wuzhou, Liao Wenhui, mengkonfirmasi kepada New York Times bahwa kamera pengintai mereka menangkap gambar yang tampak seperti pesawat tengah terjun langsung ke bumi.

Ribuan petugas pemadam kebakaran, polisi, dan pasukan paramiliter berkumpul pada hari Selasa (22/3)  untuk mencari korban selamat dari pesawat penumpang yang jatuh ke lokasi berhutan lebat ini. (ds/sumber Kumparan.com)
 

Tags :