Mesin 2 Pesawat Rex Airlines Berasap, Penumpang Berloncatan

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 08/Apr/2022 04:41 WIB


MELBOURNE (BeritaTrans.com) - Dua penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai regional Rex Airlines  terpaksa membatalkan lepas landas dalam 24 jam terakhir karena asap yang keluar dari mesin.

Kapten penerbangan tujuan King Island dan Burnie terpaksa mengevakuasi pesawat di Bandara Melbourne sesaat sebelum keberangkatan pada Selasa sore setelah diberitahu tentang api yang keluar dari mesin kiri pesawat.

Baca Juga:
Pesawat TNI AL G-36 Bonanza yang Jatuh di Laut Madura Baru Menjalani Perawatan

Penumpang terpaksa melompat dari pesawat mereka selama keadaan darurat.

Petugas pemadam kebakaran dipanggil ke landasan pada Selasa sore menyusul laporan asap yang keluar dari mesin pesawat Rex.

Baca Juga:
Pesawat Cessna Jatuh di Lahan Parkir Masjid Agung Abu Dhabi

Penumpang yang panik mengatakan mereka melompat lebih dari satu meter dari pesawat kecil itu.

Penerbangan itu menuju King Island tepat sebelum pukul 14:00, tetapi tidak pernah berhasil keluar dari landasan.

Baca Juga:
Pesawat Tempur F-4E Korea Selatan Jatuh di Laut Kuning, 2 Pilot Selamat

Dipahami bahwa puluhan penumpang dievakuasi dari pesawat.

“Saya sedang duduk di sana menikmati pembicaraan keselamatan pra-penerbangan dan sedikit asap keluar dari salah satu motor, itu tidak terlihat normal,” kata penumpang Ryan Morris kepada Sunrise.

“Pilot keluar dengan sedikit terburu-buru dan kami disuruh mengungsi.

“Saya sedikit stres, tetapi mereka melakukan pekerjaan yang bagus untuk membuat semua orang keluar, itu hebat.

Morris bercanda dia "sedikit kecewa" tidak ada slide evakuasi darurat "seperti yang Anda lihat di film sepanjang waktu."

“Itu bisa menjadi jauh lebih buruk dan kami sangat bersyukur itu terjadi di lapangan.”

Penumpang lainnya, Pamela, memberi tahu 3AW bahwa orang-orang disuruh meninggalkan pesawat dengan melompat ke landasan, di mana staf darat bandara berusaha "menangkap mereka". Setidaknya satu penumpang terluka lutut dan siku dan harus menerima pertolongan pertama.

Pelancong dibawa ke sebuah kamar di bandara tempat mereka memesan penerbangan berikutnya.

Dalam sebuah pernyataan setelah insiden itu, Rex mengatakan pesawat sedang melakukan start-up untuk bersiap berangkat ketika diberitahu tentang api.

“Sesuai dengan prosedur operasi standar, urutan start mesin dibatalkan dan penumpang dievakuasi,” katanya. “Layanan darurat yang hadir tidak menemukan bukti kebakaran.”

Dalam insiden serupa di Queensland barat daya pada hari Rabu, penumpang dalam penerbangan dari Bandara Roma ke Brisbane disuruh turun setelah asap terlihat keluar dari mesin kiri pesawat.

Seorang penumpang mengatakan pesawat sudah terisi penuh dan siap lepas landas ketika orang-orang disuruh turun menggunakan tangga.

Seorang penumpang mengatakan pesawat sudah terisi penuh dan siap lepas landas ketika orang-orang disuruh turun menggunakan tangga.

Rex mengatakan insiden itu "tidak ada hubungannya sama sekali" dengan masalah yang dialami di Melbourne, yang diduga disebabkan oleh malfungsi unit daya darat pesawat, yang menyebabkan nyala api di sekitar mesin saat mulai di darat.

Menurut situs pelacak penerbangan Flight Aware, kedua rute menggunakan Saab 340, pesawat Swedia bermesin ganda 30 tempat duduk.

Pakar penerbangan dan reporter 3AW Brian Wilson mengatakan evakuasi pencegahan adalah peristiwa yang segera dilaporkan dan kemungkinan akan mendorong penyelidikan penuh oleh Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil.

“Dari sudut pandang pilot, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memanggil evakuasi dari pesawat Anda karena umumnya, yang terjadi adalah orang akan terluka apakah itu pergelangan kaki terkilir, patah kaki dan sejenisnya,” kata Wilson.

“Mereka jelas mempertimbangkan bahwa ada risiko, dan mereka telah membuat panggilan itu atas dasar itu, tetapi tentu saja, itu adalah apa yang akan digambarkan sebagai peristiwa yang tidak normal.”

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil mengatakan agensi tersebut telah melakukan kontak dengan Rex dan tidak khawatir tentang maskapai tersebut.

“Maskapai sedang menyelidiki insiden itu sesuai dengan sistem manajemen keselamatannya, dan kami sedang menunggu hasilnya,” bunyinya.

Rex adalah salah satu maskapai penerbangan regional terbesar di Australia yang melayani lebih dari 60 tujuan di seluruh negeri. Maskapai ini mengoperasikan armada yang terdiri dari 60 Saab 340 dan enam Boeing 737-800 NG.

Biro Keselamatan Transportasi Australia telah meluncurkan penyelidikan atas insiden Melbourne.