Pastikan Kesiapan Jelang Angkutan Lebaran, Kemenhub Uji Petik Kapal di Pelabuhan Makassar dan Labuan Bajo

  • Oleh : Naomy

Selasa, 12/Apr/2022 13:56 WIB
Uji petik kapal di Pelabuhan Makassar Uji petik kapal di Pelabuhan Makassar

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut semakin gencar memastikan keselamatan pelayaran jelang angkutan Lebaran 2022/1443 H. 

Salah satunya dengan uji petik atau uji kelaiklautan kapal yang kali ini digelar di Makassar dan Labuan Bajo.

Baca Juga:
Kemenhub Sosialisasikan PAS Kecil Kapal Elektronik

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ahmad Wahid memimpin langsung pelaksanaan uji petik di Pelabuhan Makassar. 

Uji Petik di Pelabuhan Makassar dilaksanakan terhadap Kapal Penumpang KM. Sabuk Nusantara 84 dan KM. Dharma Kencana VII.  

Baca Juga:
Kemenhub Rekonsiliasi Klasifikasi Kapal Berbendera Indonesia dan Sertifikasi Garis Muat Kapal

"Kami memeriksa dokumen Kapal dan sertifikat awak kapal, pengujian sarana emergency di atas Kapal, sarana radio komunikasi serta hal terkait keselamatan kapal yang Wajib dipenuhi oleh operator kapal," ujarnya, Selasa (12/4/2022).

Wahid menjelaskan, uji petik ini sebagai wujud nyata Pemerintah dalam hal ini dilaksanakan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla Kemenhub, hadir dalam usaha menjamin kelancaran dan keselamatan Transportasi laut khususnya menjelang angleb.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Monitoring dan Evaluasi Pelayaran Rakyat di Bulukumba

Uji petik jelang angkutan lebaran ini didasari oleh Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL I Tahun 2022 dan SK Dirkapel No. KP-DK 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan Kegiatan Pengendalian Transportasi Laut Pada Masa Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

"Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi banyak hal, khususnya terkait kelaiklautan dan keselamatan kapal yang akan digunakan sebagai sarana angkutan dalam arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri Tahun ini. Kegiatan Uji Petik di Pelabuhan Makassar ini merupakan rangkaian pelaksanaan yang juga telah dilakukan pada beberapa Pelabuhan lainnya di seluruh Indoensia," ungkapny.

Dalam waktu yang bersamaan, uji petik juga dilakukan di Labuan Bajo terhadap kapal Tilongkaliba yang meliputi kelengkapan dokumen dan fasilitas kapal seperti lambung, geladak, sekoci, Inflatable Life Raft (ILR), life jacket, alat pendeteksi kebakaran, kursi/tempat tidur penumpang, bagian mesin dan lain-lain.

"Pada saat pemeriksaan di atas kapal dapat diketahui secara umum kapal dalam kondisi baik," kata dia.

Namun ada beberapa perbaikan sebagaimana hasil rekomendasi uji petik yang dilakukan sebelumnya di Benoa pada 23 Maret 2022 telah diajukan permintaan dari kapal ke perusahaan. (omy)