Intip Progres Pengerjaan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Target Tuntas Tahun 2022

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 13/Apr/2022 12:42 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

CIBITUNG (BeritaTrans.com) - Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing terus dikebut. Mengingat seluruh ruasnya ditargetkan tuntas tahun 2022.

Baca Juga:
Management Walkthrough PT API Aset Leger Jalan Tol di JTCC

Pantauan BeritaTrans.com di lokasi tepatnya di atas jembatan penghubung yang akan ke arah SMA Negeri 1 Cibitung, Desa Wanajaya, Kabupaten Bekasi, terlihat jalan tol sudah rapi, papan informasi sudah terpasangterpasang,  Rabu (13/4/2022). 

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, JTCC Terapkan Sistem Refund di Gerbang Tol Semper

Untuk diketahui, sebelumnya pada 2021 lalu, Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 SS Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,6 kilometer sudah resmi dioperasikan.

Jalan bebas hambatan berbayar ini merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Melintasi wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga:
Dukung Kelancaran Arus Transportasi Barang, Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Berikan Tambahan Diskon Tarif

Melansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), saat ini progres seksi 2 Telaga Asih-Muara Bakti sepanjang 10,3 kilometer mencapai 98,76 persen.

Untuk seksi 3 Muara Bakti-Kanal Banjir Timur 14,35 kilometer mencapai 99,14 persen dan telah memasuki konstruksi tahap akhir serta akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Selanjutnya seksi 4 Kanal Banjir Timur-Cilincing 7,2 kilometer progresnya mencapai 66,14 persen dan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan 2022.

Dengan demikian, ke empat seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan tuntas tahun ini dan segera dapat dimanfaatkan masyarakat.

Artinya, jalan tol ini akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing.

Yakni mulai dari Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Nantinya jalan tol ini juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya sekaligus menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

Adapun Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki 5 buah Simpang Susun (Interchange), yakni SS Cibitung, SS Telaga Asih, SS Tambelang, SS Tarumajaya, dan SS Cilincing.(ahmad/berbagai sumber)