Di Terminal Bekasi, Warga Pulang Kampung Lebih Awal Hindari Kepadatan Arus Mudik

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 13/Apr/2022 15:00 WIB
Penumpang akan menaiki bus di Terminal Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/3/2022). Penumpang akan menaiki bus di Terminal Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/3/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Mamasuki pekan ke-dua bulan puasa, sejumlah pemudik mulai mendatangi Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat. Para pemudik yang mendatangi agen bus ini didominasi tujuan kota di wilayah Pulau Sumatera. 

Para pemudik memilih pulang kampung lebih awal untuk mengindari kepadatan, kemacetan serta kenaikan harga tiket saat menjelang lebaran. 

Baca Juga:
Bus-Bus di Terminal Bekasi Ramai Penumpang, Siap Berangkat Berbagai Daerah

Salah satu penumpang juga mengungkapkan, sudah lama tidak pulang kampung lantaran pandemi dan adanya larangan mudik sebelumnya saat menjelang lebaran. 

"Saya mau mudik. Ini pulang karena sudah lama aja enggak pulang ni, sudah lama di tanah jawa ini," kata penumpang bus tujuan Palembang, Sandi ketika ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id, Rabu (13/4/2022). 

Baca Juga:
Pakai Kendaraan Pribadi hingga Online, Penumpang Diantar Sampai Depan Bus

Untuk mematuhi aturan Pemerintah, penumpang juga mengaku telah melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Jika tidak penpang diharuskan melakukan swab antigen atau PCR yang berlaku. 

Sementara itu, mengenai harga tiket saat ini belum ada kenaikan dan masih normal. Sejumlah agen mengaku akan mulai menaikkan harga tiket pada saat 10 hari sebelum lebaran (H-10). 

Baca Juga:
Beri Keamanan dan Kenyamanan Penumpang, Kru Bus Sumatera Rutin Perawatan Unit di Terminal Bekasi

Untuk saat ini jumlah penumpang juga terbilang normal. Seperti agen Arya Prima, penumpang rata-rata dalam sehari bisa mencapai 10 orang. 

"Harga tiket biasanya nanti tanggal-tanggal 20 baru ada kenaikan, sekarang masih normal. Penumpang kita di hari-hari biasa berangkatnya antara tujuh sampai 10 orang," kata Ami. 

Jumlah pemudik saat ini masih tergolong sepi dan belum ada pelonjakan. Diperkirakan kenaikan arus pemudik akan terjadi pada saat H-10 lebaran. (Fhm)