BPTD Banten Ramp Check 27 Bus Pariwisata di Pantai Batu Saung

  • Oleh : Naomy

Kamis, 23/Mei/2024 18:51 WIB
Kepala BPTD Banten di sela ramp check di Pantaii Batu Saung, Serang Kepala BPTD Banten di sela ramp check di Pantaii Batu Saung, Serang


SERANG (BeritaTrans.com) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten, ramp check 27 Bus Pariwisata di pantai Batu Saung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Kamis (23/5/2024).

Ramp check ini rencananya akan dilakukan empat hari (23-26/5/2024) di beberapa tempat wisata di Banten. 

Baca Juga:
Sidak Bus Pariwisata di Jakarta dan Bogor, Kemenhub Temukan 37 Tak Laik Jalan

Kepala BPTD Kelas II Banten Benny Nurdin Yusuf mengatakan, ramp check ini dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Jasa Raharja, dan Kepolisian di Polda Banten. 

"Kita sudah melakukan pemeriksaan, ada tiga item yang kita (BPTD) pastikan. Satu aspek administrasi,  kedua persyaratan teknis dan persyaratan layak jalanya," jelas Benny, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga:
Pentingnya Penanganan Jangka Pendek Hindari Kecelakaan Bus Pariwisata

Dikatakan Benny, selain ketiga item itu pihaknya juga melakukan pengecekan fasilitas yang ada di dalam bus pariwisata tersebut.  

"Kita periksa juga visualisasi atau pra uji, seperti wiper, kaca spion, sistem penerangan dan seterusnya, " ujarnya.

Baca Juga:
Tiap Akhir Pekan, Ditjen Hubdat Periksa Kelaikan Bus Pariwisata

Pada ramp check hari ini, pihaknya menemukan adanya bus yang tidak laik jalan. Pihaknya akan menilang kendaraan Bus tersebut dan mencari Bus pengganti untuk melanjutkan perjalan rombongan yang diangkut. 

"Tindakan kita adalah pertama melakukan perbaikan,  kedua kalau suratnya tidak lengkap tentu kita akan lakukan penilangan.  Tetapi kita pastikan kendaraan masih dapat difungsikan, kalau memang ditemukan sangat fatal, maka kami bersama dengan tim berkoodinasi mencari penggantinya," ucap Benny. 

Ramp check ini dilakukan guna memberikan kepastian rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, yang akan melakukan perjalanan wisata di Pulau Jawa. 

"Jadi bus yang kita ramp check dan sudah sesuai, kita berikan sticker inspeksi keselamatan LLAJ. Kalau kita ramp check  tidak sesuai, kita berikan stiker warna merah yang ditempel pada bagian depan kaca Bus," katanya. 

Selain bus pariwisata, hari ini BPTD Banten juga ramp check 54 bus AKAP di empat terminal tipe A yakni Merak, Labuan, Lebak, dan Pakupatan. (omy)