Banyak Warga Belum Tahu Ganjil Genap di Tol, Cek Jadwal Selengkapnya

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 26/Apr/2022 12:12 WIB
 Ganjil Genap jalur mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar) Ganjil Genap jalur mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

Jakarta (Beritatrans.com) -- Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta agar masyarakat yang hendak mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi dapat menyesuaikan jadwal keberangkatan agar terhindar skema ganjil genap(Gage) di jalan Tol.

Firman mengatakan, langkah tersebut diperlukan guna mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di ruas jalan tol pada saat penerapan skema ganjil-genap jelang Lebaran 2022.

Baca Juga:
Eks Ketua Komnas HAM Apresiasi Kapolri Rekrut Penyandang Disabilitas sebagai Polisi

"Tolong dimonitor daripada bermacet-macet di jalan, lebih baik ditunggu saja jam nya. Karena roda dua yang dari Jakarta juga di jalur arteri, atau yang tidak sedang ganjil genap juga ada disana," ujarnya kepada wartawan, Senin (25/4)

Firman menegaskan, pihaknya tidak melarang masyarakat untuk mudik menggunakan jalur pribadi. Hanya saja, pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai tanggal keberangkatan ketika terjadi lonjakan kemacetan.

Baca Juga:
Joss! Bhabinkamtibmas Jatirahayu Giat Sosialisasi dan Imbauan Pelayanan Halo Polisi 110 Kepada Masyarakat

"Jadi mereka tidak kita larang untuk mudik. Tapi saat itu jalur tol sedang kita gunakan untuk kendaraan plat ganjil atau genap sesuai harinya, yang lain silahkan, tapi lewat [jalur] arteri," tuturnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap agar masyarakat dapat lebih dewasa dan bersabar menunggu waktu keberangkatan sesuai dengan nomor plat kendarannya.

Baca Juga:
10 Pelajar SMA 28 Jakarta akan Ikuti Gelaran Festival dan Kompetisi Budaya Folklore 2023 di Nasebar Bulgaria

Pasalnya, Firman mengatakan bakal ada banyak masyarakat yang ingin melakukan mudik pada lebaran kali ini. Sehingga masyarakat diminta melakukan mudik dengan tertib dan sesuai aturan petugas agar perjalanan pulang kampung menjadi aman dan nyaman.

"Jadi tolong kita bergantian menggunakan jalan, karena tadi [uji coba ganjil genap] angkanya diatas rasio yang ada. Kalau kita mau lancar antri, lancar bergantian, jadi pendewasaan di jalan raya," pungkasnya.

Banyak Warga Belum Tahu

Firman mengakui banyak masyarakat yang belum tahu terkait uji coba lalu lintas di KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Padahal, uji coba itu masih akan berlangsung sampai Rabu (27/4).

Apa lagi, kata Firman, gage bakal benar-benar diterapkan mulai tanggal sampai 30 April mendatang. Pernyataan itu ia sampaikan usai melakukan uji coba gage pada Senin (26/7).

"Tadi masyarakat banyak yang belum tahu. Semoga bisa disebar luaskan lagi bahwa besok akan ada penerapan genap 28, 29, 30," ujar Firman.

Ketidaktahuan itu terlihat dari banyaknya kendaraan yang diusir dari Pintu Gerbang Tol Cikampek dan dialihkan ke jalan arteri. Meski begitu, pihaknya mengaku memberi tahu terlebih dahulu terkait kebijakan gage sebelum mengalihkan kendaraan.

Ia mengingatkan, uji coba gage juga akan dilakukan pada hari ini, Selasa (26/4), di KM 47 sampai Gerbang Tol Palimanan KM 188 dari pukul 11.00-13.00 WIB.

​​​​​Lalu pada hari Rabu (27/4) ganjil genap dimulai pukul 10.00-17.00 WIB di KM 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 144. Ia mengklaim akan terus meningkatkan pengawasan terjait uji coba gage tersebut.

"Tadi kita melatih pasukan kita yang ada di kaki kaki jalan yang akan masuk ke jalan tol, itu nanti besok akan kita tetap di sana, sekarang apapun ceritanya, ganjil atau genap, hari ini ada ujicoba juga," tuturnya.

Diketahui, Korlantas Polri bakal memberlakukan sistem ganjil genap terhadap kendaraan yang melintas di sejumlah titik jalan tol selama masa arus mudik Lebaran 2022.

Ganjil genap akan diberlakukan bersamaan dengan titik one way yang diberlakukan kepolisian di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek hingga Kalikangkung. Dalam hal ini, kepolisian memprediksi arus mudik akan mulai terjadi pada 28 April mendatang.(ny/Sumber: CNNIndonesia)