H-1 Lebaran, Pemudik Ramaikan Terminal Aceh Tamiang

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 01/Mei/2022 10:57 WIB
Penumpang menaiki mobil angkutan umum dari Teminal Aceh Tamiang dengan Tujuan Banda Acah, Ahad (1/5/2022). Penumpang menaiki mobil angkutan umum dari Teminal Aceh Tamiang dengan Tujuan Banda Acah, Ahad (1/5/2022).

KUALASIMPANG (BeritaTrans.com) - Memasuki H-1 Lebaran, Ahad (1/5/2022), Terminal Aceh Tamiang mulai didatangi sejumlah pemudik arah Medan, Tekongan, dan Banda Aceh. 

Terlihat di Terminal Tipe B tersebut sedari pagi mulai didatangi sejumlah pemudik. Kebanyakan calon penumpang hendak pulang kampung ke arah ke Banda Aceh. 

Baca Juga:
Penumpang Bus di Terminal Bekasi Masih Ramai, Syarat Booster Belum Berlaku

"Kita lihat saja, nampaknya sudah mulai ada ramai sedikit ini sewa," kata pengatur lalu lintas Terminal Aceh Tamiang, David Suatril, Ahad (1/5/2022). 

David menjelaskan, meski terlihat ramai, penumpang masih dirasakan sedikit oleh sejumlah agen penjualan tiket di situ. Mobil angkutan penumpang bertipe L300 dan Hiace hanya memberangkaykan beberapa orang penumpang saja. 

Baca Juga:
Kirim Sepeda Motor dari Terminal Aceh Tamiang-Banda Aceh Pakai Hiace, Ini Cara dan Harganya!

"Untuk mobil banyak yang masuk, tapi penumpang dari sini ke sana (Banda Aceh/Takengon) belum ramai, yang banyak dari arah sana ke sini," ujar David. 

Baca Juga:
Angkutan Umum di Aceh Pilih Setop Layani Penumpang Saat Lebaran

Untuk penumpang arah Medan diakui pengelola terminal tersebut lebih banyak penumpang yang naik di agen loket luar terminal atau di pinggir jalan lintas. 

Amatan BeritaTrans.com dan Aksi.id, beberapa mobil arah Brandan/Medan tampak hanya melintas di luar terminal tanpan masuk ke dalam terminal. 

Terminal Aceh Tamiang juga memberangkatkan penumpang dalam kota dalam kabupaten. Selain itu juga ada mobil yang melayani tujuan, Langsa, Calang, Meulaboh, Takengon, Kuta Cane hingga Blang Kejeren. Terlihat penumpang banyak yang menunggu mobil angkutan umum tersebut sesuai jadwal keberangkatan. 

Terminal kelolaan provinsi daerah ini tidak dimasuki bus ukuran besar. Hanya ada mobio Suzuki Elf, L300, Travello dan Hiace yang beroperasi di situ, terdapat pula bus tiga per empat milik Perum DAMRI dengan tujuan Simpang Kiri dan Pulo Tiga. (fhm)