Pangkalan PLP Tanjung Uban Berhasil Evakuasi Kapal Asing Kandas di Pulau Sambu Batam

  • Oleh : Naomy

Senin, 09/Mei/2022 08:42 WIB
Kapal PLP Tanjung Uban bantu kapal asing kandas Kapal PLP Tanjung Uban bantu kapal asing kandas

KEPRI (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban berhasil evakuasi kapal asing MV Glory yang kandas. 

Informasi diperoleh saat kapal patroli KN. Sarotama-P.112 Patroli Keselamatan Maritim (Patkesmar) di perairan Batam.

Baca Juga:
Patroli Pangkalan PLP Tanjung Uban Awasi dan Periksa Kapal Tubrukan di Perairan Utara Nongsa Batam

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian mengatakan, tim patroli mendapat informasi dari Batam VTS bahwa kapal MV. Glory  berbendera Ulaan Baatar CallSign : JVJZ7 Nakhoda/Master : Prenky Putra yang kandas pada Posisi Pemeriksaan : 01° 09' 681"N / 103° 54' 346"E Perairan Pulau Sambu Batam - Kepri.

"Langsung memerintahkan Kapal Patroli KN. Sarotama - P.112 untuk kelokasi kejadian di kordinat: 01° 09' 681"N / 103° 54' 346"E Perairan Pulau Sambu - Kepri," ujarnya, Senin (9/5/2022).

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Uban Evakuasi 2 Kapal Rusak Mesin di Perairan Batam

Capt Handry menjelaskan, kronologi penyelamatan pada pukul 14.05 WIB KN. Sarotama-P.112 melakukan komunikasi melalui radio VHF ch 16 untuk melaksanakan bantuan SAR dan pemeriksaan dan panggilan melalui radio VHF ch 16 direspon baik oleh kapal MV. GLORY.

"Sekitar pukul 14.20 WIB kapal MV. GLORY lepas sendiri dari kandas, kapal langsung lego jangkar di sekitar lokasi kejadian dan tim Boarding Officer on board di kapal MV. Glory untuk melaksanakan pemeriksaan dan pengecekan bersama ABK kapal tersebut pada bagian  badan kapal dan kamar mesin, memastikan tidak adanya kebocoran akibat kapal kandas," bebernya.

Baca Juga:
Tim Patroli PLP Tanjung Uban Bantu 2 Kapal Bermasalah di Perairan Batam

Tim Boarding Officer kapal Patroli KN. Sarotama - P.112 melaporkan bahwa kapal MV. Glory yang kandas tersebut dalam kondisi aman terkendali tidak ada pencemaran dan bisa melanjutkan pelayaran menuju pelabuhan tujuan.

 “Tepat pukul 15.00 WIB Tim Boarding Officer KN. Sarotama-P.112 selesai melaksanakan pemeriksaan kapal MV. Glory lalu melanjutkan pelayaran dan kapal patroli KN. Sarotama P.112 meneruskan patroli Patkesmar diwilayah Batam dan sekitarnya,” tutup Capt. Handry. (omy)