Kebakaran Kapal SPOB Jeanita di Perairan Tanjung Uban, Tim KPLP Berhasil Padamkan Api

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 24/Mei/2024 21:08 WIB
Kebakaran Kapal Jeanita dipadamkan PLP Tanjung Uban Kebakaran Kapal Jeanita dipadamkan PLP Tanjung Uban

TANJUNGUBAN (BeritaTrans.com) - 
Kebakaran menimpa Kapal SPOB Jeanita di perairan Tanjung Uban, Bintan, Jumat (24/5/2024).

Tim Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berhasil evakuasi dan pemadaman api.

Baca Juga:
Kemenhub Bersama U.S. Embassy Gelar Maritim Security Exercise & Workshop Port Visit

Direktur KPLP Jon Kenedi mengungkapkan, insiden kebakaran ini terjadi pada koordinat GPS 01°03'647" N / 104°12'693" E. 

Proses evakuasi dilaksanakan oleh Pangkalan PLP Tanjung Uban bersama pihak terkait lainnya.

Baca Juga:
Tim KPLP Amankan Kapal SV. Avatar Courage dari Perampokan di Perairan Batu Ampar Batam

"Insiden berhasil ditangani berkat respon cepat serta kerja sama yang solid dari berbagai pihak," jelasnya.

Dia mengungkapkan, pada pukul 01.00 WIB Nakhoda Kapal Patroli KPLP KN. Rantos - P.210 menerima informasi dari Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban melalui Koordinator Kelompok Operasi mengenai kebakaran di Kapal SPOB . 

Baca Juga:
Direktur KPLP Lepas KN Trisula P.111 untuk Ikuti Marpolex Exercise di Filipina

"Kemudian pada 01.30 WIB perintah diberikan kepada KN. Rantos - P.210 untuk segera bertolak menuju lokasi kebakaran," ungkapnya.
 
Selanjutnya, KN. Rantos - P.210 berangkat dari Dermaga Pangkalan PLP Tanjung Uban menuju lokasi kebakaran. Pukul 02.30 WIB KN. Rantos - P.210 tiba di lokasi kebakaran dan langsung memulai operasi pemadaman.

"KN. Rantos - P.210 mulai melakukan pemadaman api dengan bantuan dari kapal TB. Transko Dara 3202 dan TB. Medelin Partner," ujar dia.

Pada 02.45 WIB meskipun api mulai reda namun masih mengeluarkan kepulan asap, upaya pemadaman terus dilakukan. KN. Rantos - P.210 merapat ke lambung kiri Kapal SPOB Jeanita untuk memudahkan proses.

Pukul 03.00 WIB Operasi pemadaman masih berlangsung dengan KN. Rantos - P.210 standby di lokasi bersama TB. Transko Dara 3202 dan TB. Medelin Partner.

Pukul 03.30 WIB Personel KN. Rantos - P.210 mulai memadamkan api di ruang akomodasi dan mesin kapal menggunakan selang pemadam.

"Pukul 05.00 WIB Tim KPLP melakukan pendinginan terhadap kapal yang terbakar untuk memastikan api benar-benar padam dan KN. Rantos - P.210 tetap standbye di lokasi untuk memastikan tidak ada potensi api kembali muncul dan merapat di lambung kiri Kapal SPOB Jeanita sebagai tindakan preventif," beber Jon.

Sebagai informasi, unsur Kapal yang terlibat di Lokasi Kejadian yaitu:
1. KN.406
2. KNP.544
3. Boat Polairud Tanjung Uban
4. TB. Transko Dara 3202
5. TB. Medelin Partner

"Kerja sama dan koordinasi yang solid dari berbagai unsur berhasil menyelamatkan Kapal SPOB Jeanita dari kebakaran yang lebih besar dan mencegah kerugian yang lebih serius. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya ini," tutup Jon. (omy)