Hendak Berlibur Penumpang Kapal Padati Pelabuhan Muara Angke Menuju Pulau Seribu

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 14/Mei/2022 10:26 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang akan berlibur ke beberapa pulau yang berada di Kepulauan Seribu pada Sabtu (14/5/2022) pagi. 

Baca Juga:
KSOP Jayapura Bersama Dinas KKP Gelar Pengukuran Kapal dan Bagikan Life Jacket kepada Nelayan Depapre

Puluhan kapal siap mengantarkan penumpang menuju berbagai pulau di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Panggang dan lainnya. 

Baca Juga:
Operator Kapal Ojek di Kali Kresek Berharap ada lagi Pembagian Lifejacket dari Kantor Kesyahbandaran Tanjung Priok

Terpantau BeritaTrans.com, penumpang sudah mulai mendatangi Pelabuhan Muara Angke sejak pukul 06.00, sebelum masuk ke dermaga mereka diwajibkan untuk men-scan barcode pedulilindungi dan ditunjukkan kepada petugas pelabuhan ataupun kepolisian. 

Baca Juga:
Gegara Kondektur Bus Sebar Hoax Kapal Rusak, Penumpang Panik-Rebutan Life Jacket

Kepala KSOP Muara Angke, Dimyati memantau langsung proses penumpang naik hingga keberangkatan kapal di Pelabuhan Muara Angke.

KSOP Muara Angke mengatakan, "Kapal yang berangkat pada hari ini adalah 19 kapal tradisional dan 3 kapal dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Kami terus mengingatkan kepada operator kapal agar penumpang diwajibkan memakai life jacket, bila tidak patuh tidak akan diberangkatkan kapal tersebut," saat ditemui BeritaTrans.com.

"Bagi penumpang wajib sudah vaksin kedua, bila baru vaksin pertama agar segera divaksin berikutnya di tempat yang sudah disiapkan yaitu di depan Pelabuhan Muara Angke," tambahya. 

Sementara itu petugas dari KSOP Muara Angke, Ichwan Darwanto, terus menerus memberikan informasi keselamatan berlayar kepada penumpang agar memakai life jacket, tidak merokok saat di kapal guna menghindari kebakaran, dan tidak duduk di haluan agar pandangan nakhoda tidak terganggu. 

Penumpang mendapatkan tiket dengan secara online ataupun beli di pelabuhan, seperti salah satunya Fakhrul bersama keluarga akan ke Pulau Tidung," Kami lima orang sekeluarga akan berlibur ke Pulau Tidung, untuk tiket kami beli langsung di pelabuhan seharga Rp77 ribu dewasa dan Rp33 ribu anak-anak, dan ini kali pertama berlibur ke Kepulauan Seribu," tuturnya saat ditemui BeritaTrans.com di lokasi. 

Sementara itu ada juga penumpang yang membeli tiket PP secara online,"Kami rombongan dari Bekasi akan liburan ke Pulau Pari, tiket kami beli online untuk PP, ini baru pertama kali berlibur naik kapal,"ucap Indah saat berbincang dengan BeritaTrans.com.

Tepat pukul 08.45, kapal-kapal tradisional mulai berlayar meninggalkan Pelabuhan Muara Angke dengan tujuan masing-masing, tetap jaga keselamatan berlayar dengan menggunakan life jacket dan tidak merokok di dalam kapal serta jalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, selamat berlibur!.(ahmad)