KSOP Jayapura Bersama Dinas KKP Gelar Pengukuran Kapal dan Bagikan Life Jacket kepada Nelayan Depapre

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 10/Mei/2022 17:37 WIB
foto:istimewa/ksopjayapura foto:istimewa/ksopjayapura

JAYAPURA  (BeritaTrans.com) - Dengan semangat percepatan pembangunan melalui Program Strategis Nasional Tol Laut, KSOP Kelas II Jayapura bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura cq. Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan pemberdayaan dan pembinaan kepada masyarakat pesisir dan nelayan Teluk Tanah Merah Depapre pada Selasa (10/5/2022).

Baca Juga:
Berbagi Ramadhan, Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Salurkan Ribuan Paket Sembako dan Santunan Anak Yatim

Bertempat di Pelabuhan Lama Dermaga Waiya Distrik Depapre, Kepala KSOP Kelas II Jayapura bersama Bupati Jayapura melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, melaksanakan pemberdayaan masyarakat guna peningkatkan kualitas hasil tangkapan dan keselamatan berlayar serta manajemen pelayaran yang profesional. 

Baca Juga:
Ramadhan Berbagi, IPC TPK Tebar Ribuan Bantuan Paket Sembako dan Takjil

Diperlukan kecakapan dan keterampilan dalam pengoperasian kapal pelayaran rakyat dan kapal penangkapan ikan yang sesuai standar keselamatan dan prosedur pengoperasian kapal di laut.

Baca Juga:
KSOP Sunda Kelapa Buka Gerai e-Pas Kecil dan Bagikan Life Jacket untuk Kapal Nelayan di Bawah 7 GT

Dalam sambutan dan laporan pelaksanaan, Kepala KSOP Jayapura Capt. Roni Fahmi menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk pemberdayaan masyarakat pesisir dan nelayan di teluk tanah merah, yang meliputi pembagian alat keselamatan Life Jacket (pelampung), lampu pengawas atau penuntun kapal nelayan, pengukuran kapal nelayan dibawah 7 GT untuk surat kapal atau pas kecil sebagai legalisasi kepemilikan kapal serta sosialisasi keselamatan berlayar bagi nelayan terhadap di laut., hal ini tentu dapat meningkatkan produktivitas nelayan dalam mencapai hasil tangkapan laut untuk komoditi unggulan daerah yaitu perikanan sebagai muatan tol laut dan perintis, dalam rilis yang diterima BeritaTrans.com.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Jayapura melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan sangat menyambut gembira dan antusias dengan program kerja sama ini dalam rangka implementasi program percepatan pembagunan di Kabupaten Jayapura, hal ini sebagai wujud nyata tindak lanjut bagi dioperasikannya pelabuhan Depapre.

Selaras dengan itu Sekretaris Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jayapura sangat mengapresiasi kegiatan dari Kementerian Perhubungan melalui UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yaitu KSOP Kelas II Jayapura.(ahmad)