Gubernur Sulsel Pimpin Upacara Pembukaan Regional Marpolex 2022

  • Oleh : Naomy

Selasa, 24/Mei/2022 08:42 WIB
Gubernur Sulses Gubernur Sulses

​​​​​

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman pimpin upacara Pembukaan Regional Marine Pollution Exercise ( Regional Marpolex) di Halaman Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga:
Menhub Apresiasi Ekspedisi Pinisi Nowergia Jaga Kelestarian Laut Dunia

Diawali dengan laporan Komandan Upacara dan dilanjutkan pengibaran bendera tiga negara yakni Indonesia, Filipina, dan Jepang.

Dalam kegiatan Regional Marpolex, Indonesia diwakili oleh Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Filipina diwakili Phillippine Coast Guard (PCG), dan Jepang diwakili oleh Japan Coast Guard (JGC).

Baca Juga:
Menhub Minta ASDP Segera Bersiap Jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru

Inspektur Upacara Andi Sudirman menyampaikan, ini momentum terbaik bagi semua pascadua tahun tidak dilaksanakan secara langsung.

"Jam berharap kegiatan ini momentum dan komitmen untuk join latihan pencegahan pencemaran laut dari tumpahan minyak dengan tetap menjaga ekosistem di laut,"  ujar Andi Sudirman.

Baca Juga:
Kapal Petikemas 16.000 Teus Sandar di Pelabuhan Tanjung Priok

Tumpahan minyak ada di tangki-tangki atau dek akan dapat menjadi masalah. Dan menyebabkan terus menerus menetes hingga ke laut dan mengubah warna laut dan polusi sehingga menggangu biota laut.

"Ini yang harus menjadi perhatian sehingga latihan seperti ini sangat baik," ujarnya.

Komitmen bersama ini dalam melatih terus menerus guna menjaga  laut. 

Bila tumpahan minyak dibiarkan di laut, maka dapat berdampak juga pada nelayan dan pelaut lainnya saat berlayar.

"Kita harus sama-sama memahami berapa banyak tumpahan minyak yang aman berada di laut, kalau bisa jangan sampai ada, karena kita tidak tahu berapa banyak pada awalnya," kata Andi.

Dengan Marpolex ini, diharapkan prosedur semakin dipahami dan dapat meminimalkan dan mengeleminasi serta bisa menjadi program yang lebih baik.
 
Dia menyampaikan terima kasih atas peran Filipina dan Jepang dalam rangkaian Marpolex ini, yang dapat menjadi motivasi bersama. 

Dalam pembukaan Marpolex tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir secara virtual dan memberikan sambutan.

 Hadir juga Plt Dirjen Perhubungan Laut Capt. Mugen S Sartoto, Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Capt. Weku Karuntu, perwakilan Cost Guard Filipina dan Jepang, serta instansi terkait. (omy)