Seleksi Kompetensi Dasar Sipencatar Kemenhub Diikuti 38.706 Peserta

  • Oleh : Naomy

Kamis, 09/Jun/2022 19:33 WIB
Capt. Antoni Arif Priadi (tengah) Capt. Antoni Arif Priadi (tengah)

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan mengumumkan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Taruna Jalur Pola Pembibitan Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan Tahun 2022 melalui website resmi www.sipencatar.dephub.go.id, Senin (6/6/2022). 

Baca Juga:
Sekretaris BPSDMP Tekankan Pentingnya Kemampuan Koordinasi

Total peserta SKD sebanyak 38.706 orang, yang tersebar di 38 titik lokasi tes yang terdiri dari Badan Kepegawaian (BKN) Pusat, 11 Kantor Regional BKN, 17 UPT BKN, dan sembilan titik lokasi mandiri Kementerian Perhubungan. Dilaksanakan 9- 29 Juni 2022.

Pada Tahun 2022 Kemenhub mendapat alokasi formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebanyak 3.350 formasi yang terdiri dari 2.506 formasi Kementerian Perhubungan, 100 formasi Kementerian Perhubungan khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat, dan 744 formasi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah.

Baca Juga:
Poltektrans SDP Palembang Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pengelolaan Transportasi Ramah Lingkungan

Saat memberikan pengarahan kepada peserta Tes SKD di Kantor Pusat BKN, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A Arif Priadi menyampaikan bahwa Tes SKD ini merupakan seleksi tahap kedua yang harus dilalui oleh para peserta Sipencatar setelah sebelumnya melalui tahap seleksi administrasi.

"Selamat untuk para peserta yang hari ini mengikuti tes SKD, kalian merupakan bagian dari 38.706 orang yang lolos seleksi administrasi dari 44.749 orang pendaftar, jadi kalian harus semangat dan mengerjakan semua soal SKD dengan sungguh-sungguh dan maksimal," ungkapnya.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

SKD Sipencatar Pola Pembibitan (Polbit) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tahun 2022 menggunakan Metode Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang transparan dan hasilnya dapat langsung dilihat saat selesai melaksanakan tes.

"Saya yakin BKN sangat keren, proses seleksi menggunakan metode CAT yang transparan dan orang tua dan saudara kalian di rumah bisa melihat progres tes yang kalian kerjakan melalui live scoring yang ditayangkan melalui chanel YouTube," urainya.

Dia berpesan kepada seluruh peserta agar fokus, optimistis, dan yakin dapat mengerjakan seluruh soal dengan baik dan jujur.

"Untuk sampai di tahap ini kalian sudah mengalahkan ribuan pendaftar lainnya dan nantinya kalian akan menjadi generasi penerus di Kemenhub," pesannya.

Di akhir pengarahannya, dia mengucapkan selamat menjalankan tes SKD dan semoga sukses dapat melanjutkan seleksi sampai tahap akhir dan bergabung menjadi Taruna Transportasi Kemenhub yang memiliki nilai-nilai Prestasi yaitu profesional, etika, standar global dan integritas kepada seluruh peserta tes. (omy)