Stasiun Matraman Siap Beroperasi, Alternatif Penumpang Jatinegara dan Manggarai

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 12/Jun/2022 17:20 WIB
Stasiun KRL di Manggarai. (Ist) Stasiun KRL di Manggarai. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada diantara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara. 

"Stasiun ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di kedua stasiun tersebut serta penguna yang ada di sekitar wilayah Stasiun Matraman," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (12/6/2022). 

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Ditargetkan Rampung Awal Tahun 2025

Dijelaskan Anne, Stasiun Matraman memiliki fasilitas pelayanan penumpang seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift dan eskalator serta area parkir. 

"Untuk keamanan dan keselamatan stasiun ini juga dilengkapi juga dengan cctv, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir," sebut Anne. 

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

Sebagai persiapan pengoperasian Stasiun Matraman, telah dilakukan uji coba perjalanan KRL, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba prasarana-prasarana operasional perjalanan kereta api lainnya oleh KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta. 

"Seluruh fasilitas pelayanan pengguna juga sudah dilengkapi dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik sebelum pengoperasian stasiun ini," sebut Anne. 

Baca Juga:
Menhub Temui MILT dan JICA, Bahas Perkembangan Sejumlah Infrastruktur Transportasi dengan Jepang

Sebagai informasi, Stasium Matraman ini berlokasi di jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Stasiun ini sangat strategis untuk para pengguna yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai. Sisi Timur stasiun langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta koridor 5. 

"Pengoperasian stasiun ini diharapkan menjadi alternatif pilihan bagi pengguna KRL naik dan turun selain di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara," tambah Anne. 

Volume Penumpang 2 Pekan SO5 Manggarai 

Dua pekan terakhir sejak Sabtu 28 Mei lalu pemberlakukan pola operasi terbaru, tren penumpang di Stasiun Manggarai pada hari kerja tercatat sebanyak 5,6 juta lebih orang atau rata-rata 622.952 orang perhari. Untuk volume akhir pekan rata-rata 462.249 orang per harinya. 

Sementara itu, volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua minggu terakhir rata-rata sebanyak 135-145 ribu orang. Dengan volume pengguna transit tertinggi pada Senin, 6 Juni lalu sebanyak 144.855 orang. Untuk volume perhari penumpang KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 pengguna. 

Dalam pelaksanaan SO-5 Manggarai yang sudah berjalan pada dua minggu terakhir ini, KAI Commuter terus melakukan evaluasi-evaluasi terkait peningkatan pelayanan pengguna KRL. Diantaranya mengoptimalisasi peron 8 sebagai peron tujuan ke Bekasi/Cikarang dan perluasan area flow pengguna sebagai pemisahan flow pengguna transit yang akan menuju jalur 8. 

Mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL perhari dan penambahan perjalanan KRL Feeder Tambahan pada jam sibuk pagi dan sore dengan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP sebanyak 12 perjalanan untuk pagi hari dan 6 perjalanan di sore hari, serta perjalanan KRL Feeder Tambahan Manggarai – Bekasi PP pada jam sore hari sebanyak 4 perjalanan. 

Evalusi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan. Perbaikan secara menyeluruh untuk fasilitas eskalator dan lift di Stasiun Manggarai yang kemarin sempat terkendala, sehingga saat ini seluruh fasilitas tersebut sudah kembali berfugsi normal. 

"KAI Commuter mengimbau untuk mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift tersebut, serta untuk mengurangi antrean pada saat menggunakan fasilitas eskalator dan lift pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai bisa memanfaatkan tangga manual di hall tengah lantai satu dan tangga gantung yang berada di ujung selatan hall lantai satu," ujar Anne Purba.(fhm)